Pemetaan animo peserta didik SLTP yang melanjutkan ke SLTA di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri / Risa Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan animo peserta didik SLTP yang melanjutkan ke SLTA di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri / Risa Novita Sari

Sari, Risa Novita (2016) Pemetaan animo peserta didik SLTP yang melanjutkan ke SLTA di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri / Risa Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Risa Novita. 2016. Pemetaan Animo Peserta Didik SLTP yang Melanjutkan ke SLTA di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata Kunci pemetaan animo peserta didik Jenjang pendidikan adalah suatu tahap dalam pendidikan berkelanjutan yang ditempatkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta keluasan dan kedalaman bahan pengajaran. Dalam dunia pendidikan formal terdapat jenjang pendidikan yaitu pendidikan dasar meliputi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan pendidikan menengah meliputi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA). Untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya dibutuhkan perencanaan pendidikan. Dalam hal ini perencanaan pendidikan memegang andil untuk menentukan kemajuan pendidikan. Penolakan Wajar 12 tahun seharusnya tidak menjadi penghalang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin tingginya permintaan lulusan tingkat SLTA terutama dalam mencari pekerjaan. Sebab sekarang banyak lowongan pekerjaan yang memberi persyaratan minimal lulusan SMA/sederajat. Jadi jika ingin cepat mendapatkan pekerjaan harus menempuh pendidikan selama 12 tahun untuk memenuhi persyaratan yang telah diajukan. penyebaran peserta didik yang melanjutkan di daerah tersebut harus ke luar wilayah Kecamatan Ngancar karena kecamatan tersebut belum memiliki SLTA. Hal ini dilakukan dengan harapan akan segera dibangun SLTA di daerah Kecamatan Ngancar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan peta (map) penyebaran peserta didik SMP dan MTs dalam memilih SLTA (2) Menemukan tingkat animo peserta didik SLTP yang melanjutkan ke SLTA (3) Mengidentifikasi alasan peserta didik dalam memilih SLTA (4) Mengidentifikasi motivasi peserta didik dalam memilih SLTA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas IX SMP dan MTs di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri sejumlah 460 peserta didik. Dari jumlah populasi tersebut dijadikan sampel penelitian sejumlah 214 peserta didik dari 2 sekolah SMP Negeri dan 1 Sekolah MTs Swasta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup untuk memudahkan responden dalam menjawab serta memudahkan peneliti dalam melakukan analisis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Pemilihan sekolah lanjutan atas yang paling diinginkan peserta didik tidak mengacu pada hakekatnya lokasi sekolah yang akan dipilih dengan rumahnya tetapi lebih memilih kualitas dari sekolah (2) Peserta didik lulusan SMP dan MTs lebih cenderung memilih melanjutkan sekolah lanjutan atas berstatus negeri sedangkan yang memilih sekolah lanjutan atas berstatus swasta hanya sedikit. Di antara jenis sekolah lanjutan atas (SMA/SMK/MA) calon siswa lebih banyak memilih melanjutkan ke SMK (3) Animo peserta didik SMP dan MTs yang memilih SMA berdasarkan keadaan dari siswa dalam hal ini prestasi peserta didik sebagian besar memilih setuju baik dengan nilai UAN maupun kemampuan akademik dan nonakademik yang dimiliki peserta didik kemudian animo peserta didik SMP dan MTs yang memilih SMK berdasarkan keadaan dari siswa dalam hal ini prestasi peserta didik lebih banyak memilih setuju baik dengan nilai UAN maupun kemampuan akademik dan nonakademik yang dimiliki peserta didik sedangkan animo peserta didik SMP dan MTs yang memilih MA berdasarkan keadaan dari siswa dalam hal ini prestasi peserta didik lebih dominan memilih setuju baik dengan nilai UAN maupun kemampuan akademik dan nonakademik yang dimiliki peserta didik (4) Motivasi peserta didik SMP dan MTs untuk melanjutkan sekolah di SMA berdasarkan faktor dari dalam (internal) peserta didik baik untuk meraih cita-cita sesuai aspirasi dengan mempertimbangkan bakat dan minat yang dimiliki serta keinginan sendiri dalam pemilihan sekolah lebih dominan memilih sangat setuju. Berdasarkan kesimpulan di atas saran-saran yang dapat diberikan peneliti yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri sebaiknya lebih memperhatikan daerah yang belum memiliki SLTA dan segera membantu proses pembangunan sekolah serta melengkapi dengan tenaga pendidik dan kependidikan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan animo peserta didik dalam melanjutkan sekolah (2) Kepala UPTD Kecamatan Ngancar hendaknya mengajukan proposal pendirian SLTA di Kecamatan Ngancar supaya segera dibangun SLTA (3) Ketua Badan Pemerintah Daerah (Bappeda) hendaknya segera membuat perencanaan dan merealisasikan pembangunan gedung SLTA di daerah Kecamatan Ngancar untuk meningkatkan animo peserta didik dalam melanjutkan sekolah (4) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri seyogyanya melakukan pengembangan pengadaan transportasi umum untuk wilayah Ngancar dan sekitarnya khususnya di sediakan untuk jalur menuju SLTA (5) Kepala SLTA seyogyanya lebih meningkatkan fasilitas sekolah yang di berikan kepada peserta didik dan menyediakan ekstrakurikuler yang beragam. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah peserta didik yang mendaftar ke SLTA (6) Wakil Kepala Hubungan Sekolah dan Masyarakat (Humas) SLTA hendaknya lebih mengenalkan sekolah kepada calon peserta didik yang akan melanjutkan tidak hanya melalui brosur tetapi juga datang langsung ke sekolah. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan siswa yang lebih banyak (7) Guru SMP dan MTs seharusnya mampu menanamkan pentingnya pendidikan yang tinggi atau memberikan motivasi selain itu memberikan wawasan tentang sekolah lanjutan agar tidak sampai salah pilih sekolah. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan animo peserta didik melanjutkan sekolah (8) Orangtua peserta didik seharusnya membantu peserta didik mencari sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat siswa serta kemampuan keluarga. Hal ini perlu dilakukan untuk menyalurkan bakat dan minat peserta didik dan supaya orangtua tidak merasa kesulitan membiayai sekolah (9) Peneliti lain hendaknya dapat melakukan kajian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat peserta didik dalam melanjutkan jenjang pendidikannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3775

Actions (login required)

View Item View Item