Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2004-2007 / Akhmad Taajuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2004-2007 / Akhmad Taajuddin

Taajuddin, Akhmad (2010) Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan indeks LQ-45 periode 2004-2007 / Akhmad Taajuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harga saham merupakan indikator nilai dan pencerminan yang relevan dari kondisi perusahaan. Untuk mengukur kinerja keuangan suatu perusahaan dapat menggunakan analisis rasio diantaranya menggunakan Return On Equity (ROE) Return On Assets (ROA) Net Profit Margin (NPM) Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Rasio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Return On Equity (ROE) Return On Assets (ROA) Net Profit Margin (NPM) Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Rasio (DER) terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan. Return On Equity (ROE) Return On Assets (ROA) Net Profit Margin (NPM) Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Rasio (DER) diukur dengan membandingkan nilai yang ada pada laporan keuangan perusahaan tahun 2004-2007. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan Yang termasuk dalam Indeks Lq-45 di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2004-2007. Dari populasi tersebut kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Hasilnya terdapat 32 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi variabel Net Profit Margin (NPM) lebih besar dari 0.05 sehingga H0 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel Return On Equity (ROE) Return On Asset (ROA) Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Ratio (DER) yang mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan variabel Return On Equity (ROE) Return On Assets (ROA) Net Profit Margin (NPM) Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Rasio (DER) mempunyai pengaruh 54 1% terhadap variabel harga saham. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel lain yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap pergerakan harga saham menambah periode observasi dan mengganti sampel penelitian misalnya untuk semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37737

Actions (login required)

View Item View Item