Hubungan efektivitas pengawasan melekat dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Malang / Dody Eka Prasetya

Prasetya, Dody Eka (2016) Hubungan efektivitas pengawasan melekat dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Malang / Dody Eka Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya, Dody Eka. 2016. Hubungan Efektivitas Pengawasan Melekat dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Malang. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Agus Timan, M.Pd (2) Dr. Achmad Supriyanto, M.Pd, M.Si. Kata kunci: efektivitas pengawasan melekat, motivasi kerja, kinerja guru Pengawasan diharapkan mampu untuk meminimalisir penyimpangan yang tidak sesuai dengan perencanaan, salah satu penyimpangan yang dapat diminimalisir adalah menyangkut manajemen sumber daya manusia di sekolah. Penyimpangan manajemen sumber daya sekolah yang dapat terjadi yakni terkait tingkat motivasi kerja dan tingkat kinerja guru. Visi, misi dan tujuan sekolah adalah target yang harus dicapai sekolah dalam jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Namun, dalam prosesnya sumber daya manusia sekolah (guru) pasti memiliki kekurangan-kekurangan yang dapat menghambat pencapaian tujuan sekolah seperti: kinerja guru yang belum optimal karena dipengaruhi oleh motivasi kerja guru yang cenderung naik dan turun (tidak stabil). Tujuan melaksanakan pengawasan melekat yang efektif adalah diharapkan mampu memberikan motivasi kepada guru yang kurang bergairah dalam bekerja, dan dampaknya kinerja dari guru meningkat. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui: (1) efektivitas pengawasan melekat yang diterapkan; (2) tingkat motivasi kerja guru; (3) tingkat kinerja guru; (4) hubungan antara efektivitas pengawasan melekat dengan motivasi kerja guru; (5) hubungan antara efektivitas pengawasan melekat dengan kinerja guru; (6) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru; dan (7) hubungan antara efektivitas pengawasan melekat dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SMA Negeri diKota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 301 guru berstatus PNS yang tersebar di SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 7, SMAN 8, SMAN 10 Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan menggunakan rumus Slovin, diperoleh hasil sampling sejumlah 172 sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisisproduct moment pearson, dan analisis korelasional berganda. Berdasarkanhasilanalisisdanpembahasan, makadapatdisimpulkanbahwa: (1) efektivitaspengawasanmelekat; (2) motivasikerja yang dimiliki guru; (3)kinerja guru SMA Negeri di Kota Malang termasukdalamkategoritinggi; (4) adahubunganpositifsignifikan yang cukup kuatantaraefektivitaspengawasanmelekatdenganmotivasikerja; (5) adahubunganpositifsignifikanyang rendah antaraefektivitaspengawasanmelekatdengankinerjaguru; (6) adahubunganpositifsignifikanyang kuat antaramotivasikerjadengankinerja guru; dan (7) adahubunganpositifsignifikandansimultanyang cukup kuat antaraefektivitaspengawasanmelekatdanmotivasikerjadengankinerja guru SMA Negeri di Kota Malang. Berdasarkanpenelitian yang telahdilakukan saran yang dapatdiberikansebagaiberikut: (1) bagi Kepala SMA Negeri di Kota Malang hendaknyamelakukanpengawasanmelekatdenganefektifsesuaistandar. Pengawasan yang dilakukanmasihperluditingkatkankarenapada sub variabellangkah-langkahpelaksanaanpengawasanmelekatwalaupunmasukdalamkategoritinggitetapiangkapersentase yang didapathampirsamadengankategorisedangsehinggadiharapkanadanyapeningkatanpresentasepadakategoritinggisehinggapelaksanaanpengawasanmelekatsemakinefektif; (2) bagi Guru SMA Negeri di Kota Malang yang merupakanujungtombak di sekolahdalammenghasilkanoutput yang berkualitasmakamotivasikerjaperluditingkatkan. Harapannyasetelahdilakukanpenelitianini guru lebihmeningkatkanmotivasikerja, kompetensisosial, dankompetensiprofesionaldenganadanyapeningkatanpersentasepadakategoritinggisehinggabaik motivasi kerja atau kinerja guru semakintinggi. Karenamotivasikerjameningkat,kinerjagurupunikutmeningkat; (3) bagimahasiswaJurusanAdministrasiPendidikanhasilpenelitianinidapatdigunakanuntukmempelajaritentangefektivitaspengawasanmelekat,dapatdijadikaninsipirasi, dansebagaiacuandalammenyusunskripsi yang membahastentangpengawasan; dan (4) bagipeneliti lain hendaknyadapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambah variabel di luar variabel penelitian ini seperti (variabel etos kerja, displin kerja dan psikologis guru) karena mungkin darivariabel-variabeltersebutmemilikihubungan yang lebihkuatdengankinerja guru dan juga menambahkansampelsekolah lain ataumenambahjumlahsekolah yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item