Hubungan antara prestasi kerja dengan kepuasan kerja guru di SMK Negeri se-Kota Malang / Lovita Agustin

Agustin, Lovita (2016) Hubungan antara prestasi kerja dengan kepuasan kerja guru di SMK Negeri se-Kota Malang / Lovita Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Lovita. 2016. Hubungan antara Prestasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SMK Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. H. Sultoni, M.Pd,(II) Ahmad Nurabadi, S.Pd,M.Pd Kata kunci: prestasi kerja, kepuasan kerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan keterampilan siswa. Dalam hal ini diharapkan guru mampu mengembangkan keterampilan setiap siswa dan dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan kebijaksanaan sekolah. Akan tetapi hal ini membutuhkan guru yang dapat terpuaskan oleh kebijaksanaan yang diterapkan oleh sekolah. Dengan demikian guru akan menjalankan tugasnya dengan baik, jarang absen, dan memiliki semangat yang tinggi. Pada akhirnya ini akan mewujudkan prestasi kerja guru yang lebih baik, sehingga berpengaruh positif terhadap pencapaian tujuan sekolah, untuk itu tugas kepala sekolah sangat penting dalam hal peningkatan prestasi kerja para guru agar dicapai kepuasan kerja. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai hubungan antara prestasi kerja dengan kepuasan kerja guru di SMK Negeri se-Kota Malang yang merupakan sekolah favorit, baik kepala sekolah maupun kinerja guru sudah profesional dan mempunyai nilai kepercayaan tinggi di mata masyarakat, sehingga rumusan masalah yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat prestasi kerja guru SMK Negeri se-Kota Malang?, 2) Bagaimana tingkat kepuasan guru SMK Negeri se-Kota Malang?, 3) Apakah ada hubungan antara prestasi kerja dengan kepuasan guru SMK Negeri se-Kota Malang?. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripstif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan prestasi kerja dengan kepuasan kerja guru. Populasi penelitian ini yaitu guru SMK Negeri se-Kota Malang dengan jumlah 1377 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 313 orang guru. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Skala yang digunakan merupakan skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban, dan data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi product moment. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis data penelitian ini menerapkan teknik korelasi product moment yang diselesaikan melalui program SPSS (Statistical Product and Special Service) 18.0 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan sebesar 0,679> 0,111 dengan taraf signifikansi 5%, berarti ada hubungan signifikan antara prestasi kerja dengan kepuasan kerja guru di SMK Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, Saran yang yang diberikan peneliti, yaitu kepada: 1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, dapat memberikan penghargaan kepada sekolah yang memiliki guru dengan prestasi tinggi; 2) Kepala Sekolah SMK Negeri se-Kota Malang, dapat memberikan hadiah (reward) kepada setiap guru yang memiliki prestasi tinggiagar guru tersebut dapat mempertahankan prestasinya, dan untuk guru yang memiliki prestasi rendah dapat termotivasi untuk meningkatkan prestasi yang dimiliki; 3) Guru SMK Negeri se-Kota Malang, diharapkan dapat terus mempertahankan tingkat prestasi kerja agar kualitas kerja, kuantitas kerja, disiplin kerja, inisiatif dan kerjasama antara karyawan lain dapat terus meningkat. Dan juga guru diharapkan dapat memanfaatkan adanya penilaian prestasi kerja oleh kepala sekolah dengan maksimal, sehingga nantinya guru akan selalu memiliki tingkat kepuasan yang tinggi; 4) Peneliti lainnya, sebagai acuan apabila mahasiswa dan peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut tentang prestasi dan kepuasan kerja guru dengan variabel, populasi yang berbeda, dan intrumen yang tidak hanya mengambil dari persepsi guru, namun juga mencakup sudut pandang pimpinan, teman sejawat, dan siswa. Selain itu juga peneliti lain diharapkan dapat meneliti beberapa teknik yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Misalnya tentang pengaruh kemajuan kepangkatan guru dengan kepuasan kerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item