Manajemen program Siswa Penggerak Disiplin (SPD) dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang / Naimatul Ikfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program Siswa Penggerak Disiplin (SPD) dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang / Naimatul Ikfiana

Ikfiana, Naimatul (2016) Manajemen program Siswa Penggerak Disiplin (SPD) dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang / Naimatul Ikfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ikfiana Naimatul. 2016. Manajemen Program Siswa Penggerak Disiplin (SPD) dalam Membangun Budaya Disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si. Kata kunci manajemen program Siswa Penggerak Disiplin (SPD) budaya disiplin Pendidikan karakter penting untuk ditanamkan sejak dini pada siswa agar nantinya menjadi bekal saat berkehidupan di masyarakat. Ada berbagai nilai yang ditanamkan dalam pendidikan karakter salah satunya yaitu disiplin. Saat ini masih banyak dijumpai kasus yang dilakukan oleh siswa yang bersumber dari rendahnya kedisiplinannya sendiri seperti mencontek datang sekolah terlambat melanggar tata tertib sekolah dan membolos saat jam pelajaran berlangsung. Hal ini apabila terus diabaikan dan tidak ditangani secara serius akan memunculkan bibit-bibit generasi penerus bangsa yang memiliki kedisiplinan yang rendah. Fokus penelitian yaitu (1) Profil program SPD di SDN Pandanwangi 1 Malang (2) Perencanaan program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang (3) Pelaksanaan program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang (4) Pengawasan dan Penilaian program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang (5) Faktor pendukung manajemen program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang (6) Faktor penghambat manajemen program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang dan (7) Solusi terhadap hambatan manajemen program SPD dalam membangun budaya disiplin di SDN Pandanwangi 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Sumber data berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan reduksi analisis dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dicek dengan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dari masing-masing fokus penelitian yaitu (1) Prinsip utama program adalah mendisiplinkan siswa ide awal program yaitu dari Bapak Syamsul Arifin pada tahun 2012 dan realisasinya pada tahun 2013 latar belakang berdirinya program yaitu banyaknya anak tidak disiplin dan adanya kasus-kasus kenakalan siswa. Tujuan pokok diadakan program SPD yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Manfaat/kegunaan program ini yaitu dapat dirasakan oleh siswa sendiri guru maupun orangtua siswa (2) Tahap perencanaan meliputi kepala sekolah menunjuk koordinator SPD koordinator SPD membentuk tim pembina SPD kemudian tim pembina SPD menyusun proposal kegiatan menjaring calon SPD membentuk kepanitiaan diklat menyiapkan materi dan anggaran diklat dan menyusun program kerja dalam satu tahun ajaran (3) Tahap pelaksanaan meliputi sosialisasi diklat dan pelantikan SPD. Setelah dilantik SPD mencari downline mengisi agenda harian melaksanakan pertemuan tiap minggu dengan pembina dan melaksanakan program kerja (4) Pengawasan terhadap SPD dilakukan di sekolah dan di rumah ada pula pengecekan buku agenda yang dilakukan satu kali per minggu oleh guru pembina SPD. Penilaian dilakukan dengan memberikan masukan-masukan pada SPD dan mencari solusi jika ada yang perlu diperbaiki. Output budaya disiplin pada program SPD antara lain timbulnya kesadaran dan kebiasaan disiplin siswa adanya kebiasaan mengajak disiplin munculnya karakter unggul lain selain disiplin terbangunnya kepercayaan masyarakat tentang penanaman kedisiplinan di SDN Pandanwangi 1 Malang (5) Faktor pendukung antara lain yaitu dukungan semua warga sekolah adanya kerja sama antara guru kelas dan guru pembina SPD adanya dukungan dari orang tua siswa peran serta masyarakat/komite baik antusiasme dari siswa besar dan materi diklat mendukung sebagai bekal SPD untuk mengajak disiplin siswa lain (6) Faktor penghambat antara lain yaitu ketidak pahaman konsep tentang program SPD adanya kebiasaan tidak disiplin adanya pengaruh buruk dari lingkungan tempat tinggal beberapa siswa kegiatan SPD terkadang harus meninggalkan kegiatan pembelajaran waktu pertemuan/pelatihan SPD belum tepat (7) Solusi terhadap hambatan antara lain yaitu sosialisasi program diklat SPD guru pembina memberikan penanganan dan pantauan secara khusus untuk menghindari pengaruh buruk dari lingkungan siswa wali kelas untuk mengontrol dan memberikan petunjuk pada anggota SPD untuk mengejar ketertinggalan pelajaran yang dialaminya mencari waktu yang tepat agar waktu pertemuan SPD tidak berbenturan dengan ekskul dan pelajaran. Saran yang dapat diberikan antara lain yaitu (1) bagi Kepala Sekolah diharapkan terus melanjutkan pelaksanaan program SPD dengan memperbaiki proses penilaian program (2) Bagi tim pembina SPD diharapkan mengembangkan materi diklat mengembangkan program kerja SPD membuat sebuah catatan megenai rekaman kemajuan siswa maupun prestasi SPD (3) Bagi Siswa Anggota SPD diharapkan mampu memupuk karakter lain yang belum dikembangkan dari program SPD (4) Bagi Ketua dan Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan pula agar memunculkan inovasi-inovasi baru dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa (5) Bagi Mahasiswa Administrasi Pendidikan diharapkan agar lebih memperkaya pengetahuan mengenai manajemen kesiswaan dan budaya disiplin (6) Bagi peneliti lain disarankan agar dapat mengembangkan pemikiran terutama dalam menggali fokus manajemen program kesiswaan serta budaya disiplin di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item