Analisis faktor motivasional dan partisipasional peserta didik dalam aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Fitria Agustini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor motivasional dan partisipasional peserta didik dalam aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Fitria Agustini

Agustini, Fitria (2016) Analisis faktor motivasional dan partisipasional peserta didik dalam aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Fitria Agustini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustini Fitria. 2016. Analisis Faktor Motivasional dan Partisipasional Peserta Didik dalam Aktivitas Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Sunarni S.Pd. M.Pd. Kata Kunci faktor motivasi faktor partisipasi ekstrakurikuler wajib Pramuka Berkaitan dengan penerapan Kurikulum 2013 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 yang mewajibkan peserta didik Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA) untuk ikut serta dalam aktivitas ekstrakurikuler Pramuka maka diharapkan peserta didik dapat melakukan internalisasi pendidikan karakter di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Namun pada kenyataannya peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka hanya untuk menggugurkan kewajibannya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) Seberapa tinggi tingkat motivasi dan partisipasi peserta didik mengikuti aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan (3) Faktor motivasi dan partisipasi apa yang paling dominan peserta didik dalam mengikuti aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah(1) Menemukan faktor-faktor yang dapat menimbulkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) Menjelaskan seberapa tinggi tingkat motivasi dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan (3) Mengetahui faktor yang paling dominan dalam menimbulkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti aktivitas ekstrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan Penelitian Deskriptif-Eksploratori dengan tujuan untuk menjelaskan dan menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi yang telah diidentifikasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Kelas VII dan Kelas VIII di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan jumlah peserta didik pada Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan data yang bersumber dari Dinas Pendidikan Kota Malang yaitu sebanyak 2.925 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling yang diperoleh berjumlah 352 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 34 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor menggunakan program Statistical Product and Service Solution(SPSS)for Windwos Version 18.00. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor motivasional dan partisipasional peserta didik mengikuti esktrakurikuler wajib Pramuka di SMPN se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yaitu (1) Faktor Kesamaan Tujuan (2) Faktor Ingin Belajar Memimpin (3) Faktor Mengembangkan Potensi Diri (4) Faktor Berjiwa Alkuaristik dan (5) Faktor Ketertarikan Kegiatan. Kontribusi dari masing-masing faktor Faktor Kesamaan Tujuan36 555% Faktor Ingin Belajar Memimpin 27 532% Faktor Mengambangkan Potensi Diri22 257% Berjiwa Alkuaristik14 821% dan Faktor Ketertarikan Kegiatan 12 912%. Hasil penelitian ini memiliki implikasi sebagai berikut (1) Perluya sosialisasi tujuan diadakannya Pramuka dengan jelas dan peserta didik diikutsertakan dalam pengaplikasian tujuan diadakannya kegiatan Pramuka (2) Perlu diadakannya berbagai kegiatan Pramuka yang melatih jiwa kepemimpinan peserta didik (3) Perlu adanya bimbingan dan pengarahan dari sekolah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik serta pengadaan sarana dan prasarana di bidang Pramuka untuk mendukung kegiatan yang dapat menyalurkan potensi peserta didik (4) Perlunya sekolah mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang dimana terdapat aktivitas bakti sosial serta dalam kegiatan Pramuka dan pembelajaran di sekolah peserta didik dilatih untuk saling memberi dan tolong-menolong dengan sesama dan (5) Perlunya pengembangan kegiatan Pramuka yang lebih kreatif dan tidak membosankan. Saran yang yang diberikan peneliti yaitu kepada (1) Kepala Sekolah sebaiknya melakukan sosialisasi kepada orangtua peserta didik tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (ADGP) yang di dalamnya tercantum visi misi dan tujuan dari kegiatan Pramuka mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang dilaksanakan pada program kerja tahunan serta sekolah memfasilitasi pengadaan sarana dan prasarana di bidang Pramuka (2) Guru sebaiknya dalam menyampaikan pembelajaran di sekolah peserta didik dilatih untuk saling memberi dan tolong-menolong dengan sesama serta guru berperan dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya (3) Pembina Ekstrakurikuler Pramuka hendaknya mengadakanpengembangan kegiatan yang lebih kreatif dan tidak membosankan membuat kurikulum tentang kepemimpinan serta melakukan publikasi melalui media sosial untuk turut mensosialisasikan tujuan kegiatan Pramuka penggalang kepada masyarakat (4) Dosen Administrasi Pendidikan disarankan agar melakukan pengabdian tentang materi dan melatih kepemimpinan kepada anggota Pramuka di sekolah dan (5) Peneliti Lain meneliti tentang perbedaan motivasi dan partisipasi peserta didik laki-laki dan perempuan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka di sekolah pengaruh motivasi dengan tingkat kedisiplinan peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item