Hubungan antara sikap guru tentang kurikulum 2013 dengan kinerjanya dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Bojonegoro / Andhika Yoga Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sikap guru tentang kurikulum 2013 dengan kinerjanya dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Bojonegoro / Andhika Yoga Pratama

Pratama, Andhika Yoga (2016) Hubungan antara sikap guru tentang kurikulum 2013 dengan kinerjanya dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Bojonegoro / Andhika Yoga Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Andhika Yoga. 2015. Hubungan Antara Sikap Guru tentang Kurikulum 2013 dengan Kinerjanya dalam Pembelajaran di SMA Negeri Kota Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi W M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata Kunci sikap guru kurikulum 2013 kinerja dalam pembelajaran Kurikulum 2013 akan mengajak siswa berpikir kreatif. Selain itu kurikulum ini akan menyeimbangkan kompetensi sikap ketrampilan dan pengetahuan siswa. Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan seharusnya bukan menjadi sesuatu yang perlu dipermasalahkan. Apalagi perubahan itu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Pada saat ini kurikulum pendidikan di Indonesia akan mengalami perubahan. Walaupun perubahan itu tidak terlalu signifikan bahkan hanya mengubah kata saja. Misalnya kata Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berubah menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar . Selain itu ada beberapa mata pelajaran yang dikurangi jam pelajarannya atau bahkan dihilangkan serta ada mata pelajaran tertentu yang dianggap penting ditambah jam pelajarannya ini dilakukan untuk menciptakan peserta didik yang berkarakter dan sesuai dengan budaya Indonesia. Sebuah penelitian bisa berjalan dengan baik diperlukan sebuah rancangan penelitian yang baik pula agar dalam pelaksanaan penelitian bisa berjalan lancar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif-korelasi dengan model Korelasional Dwivariat. Model ini dapat digambarkan sebagai berikut dimana Sikap Guru tentang Kurikulum 2013 (X) dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran (Y) Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 orang Berdasarkan data jumlah guru SMAN Kota Bojonegoro adalah 206 guru untuk itu jumlah sampel yang diambil 136 guru. Penetapan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan tabel formula Slovin. Data dikumpulkan melalui angket dengan validitas pada variabel sikap (X) yaitu 0 774 sedangkan validitas pada variabel sikap (Y) yaitu 0 735. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji asumsi klasik. Kesimpulan dari penelitian sikap guru tentang kurikulum 2013 dengan kinerjanya dalam pembelajaran di SMAN Kota Bojonegoro adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil distribusi frekuensi oleh responden yaitu guru SMAN kota Bojonegoro maka dapat disimpulkan bahwa sikap guru tentang adanya kurikulum 2013 bisa dikatakan setuju atau merespon baik adanya kurikulum baru pengganti kurikulum lama. (2) Berdasarkan hasil distribusi frekuensi oleh responden yaitu guru SMAN kota Bojonegoro maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran di SMAN kota Bojonegoro dikatakan baik. (3) Secara keseluruhan uji hipotesis diperoleh hasil ada hubungan sikap guru tentang kurikulum 2013 dengan kinerjanya dalam pembelajaran di SMAN kota Bojonegoro. (4) Tidak ada perbedaan sikap guru laki-laki dan perempuan tentang Kurikulum 2013. Jadi antara guru laki-laki dan perempuan tidak terjadi perbedaan sikap mengenai kurikulum 2013 di SMAN kota Bojonegoro. (5) Terbukti tidak ada perbedaan kinerja guru laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran. Hal ini berarti anatara guru laki-laki dan perempuan di SMAN kota Bojonegoro sama saja kinerjanya dalam pembelajaran meskipun menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. (6) Terdapat perbedaan sikap antar SMAN di kota Bojonegoro bahwa antara SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 dan SMAN 4 Bojonegoro terjadi perbedaan sikap mengenai kurikulum 2013. (7) Terbukti tidak ada perbedaan sikap antar SMAN di kota Bojonegoro. Jadi antara SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 dan SMAN 4 Bojonegoro tidak terjadi perbedaan kinerja dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Saran kepada guru dalam pembelajaran agar mempunyai sikap postif dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik dan tetap bersemangat untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang berpengaruh dalam kinerjanya sendiri dalam hal ini dalam bidang kurikulum. Kurikulum baru harus disikapi dengan bijak untuk terciptanya tujuan pembelajaran yang diinginkan meskipun sudah terbiasa dengan kurikulum lama. Jadi guru SMAN kota Bojonegoro diharapkan berkontribusi positif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada kurikulum 2013 ini dan meningkatkan kompetensi masing-masing guru. (2) Saran bagi sekolah sebagai wawasan dalam pembenahan dan penyempurnaan atas kekurangan-kekurangan yang ditemui dalam pelaksanaan dan penerapan kurikulum 2013 di suatu sekolah. Pihak sekolah harus senantiasa memberikan dorongan dan motivasi kepada tenaga pendidik atau guru untuk meningkatkan kinerja dan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. (3) Saran untuk mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan adalah digunakannya penelitian ini sebagai rujukan dan referensi untuk perkuliahan dalam matakuliah manajemen kurikulum. (4) Peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini ditindak lanjuti dengan literatur lebih baik dan lebih lengkap dan sampel yang lebih luas serta mengkaji lebih dalam agar menghasilkan penelitian yang lebih baik dalam hal kurikulum dan menjadikan penelitian ini sebagai bahan rujukan dalam penelitian selanjutnya serta sebagai referensi dalam pelaksanaan penelitian yang akan datang dalam aspek kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item