Hakim, Luqmanul (2016) Manajemen sarana dan prasarana sekolah alam (studi kasus di MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Kabupaten Malang) / Luqmanul Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hakim Luqmanul. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Alam (Studi Kasus di MI Bilinggul Al-Ikhlas Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. Kata kunci manajemen sarana dan prasarana sekolah alam Sekolah alam merupakan bentuk inovasi pendidikan. Berbeda dengan sekolah konvensional pada umumnya sekolah alam dalam metode pembelajaranya lebih banyak menggunakan pendekatan lingkungan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaranya. Penerapan sekolah alam dalam mendayagunakan sumber daya alam menjadi sarana dan prasarana sekolah untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah. Manajemen sarana dan prasarana di sekolah alam perlu diterapkan demi mendukung tercapainya tujuan sekolah. Dengan penerapan manajemen sarana prasarana harapanya sekolah alam dapat mendayagunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui sekaligus mendeskripsikan bagaimana perencanaan manajamen sarana dan prasarana sekolah alam pengadaan sarana dan prasarana sekolah alam inventarisasi sarana dan prasarana sekolah alam pemeliharaan sekolah alam dan penggunaan sarana dan prasarana sekolah alam serta mengukur keefektifan penggunaan sarana dan prasarana sekolah alam secara deskriptif. Penelitian ini menggunakana metode penelitian kualitatif studi kasus tunggal. Data penelitian berupa paparan data perencanaan sarana dan prasaran sekolah alam pengadaan sarana dan prasarana sekolah alam inventarisasi sarana dan prasaran sekolah alam pemeliharaan sarana dan prasaran sekolah alam penggunaan sarana dan prasarana sekolah dan keefektifan penggunaan sarana dan prasaran sekolah alam di MI BilingualAl-Ikhlas Kepanjen Kabupaten Malang yang diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Kegiatan analisis data dilakukan mulai dari mereduksi data display data dan verivikasi data. Alasan penelitian memilih MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen karena sekolah swasta ini dengan konsep sekolah alam mencoba mendayagunakan sumber daya alam lingkungan sekita menjadi sarana dan prasarana sekolah alam bagaimana sekolah swasta ini dengan pendanaan yang minim dapat mengelola sarana dan prasarana dengan mendayagunakan sumber daya alam yang ada. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh beberapa kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut perencanaan sarana prasarana sekolah dimulai dengan analisisi kebutuhan barang pengumpulan dana mendesaind bangunan sekolah dengan prinsip terbuka dan ramah lingkungan serta menyusun rencana program pengadaan. Pengadaan sarana prasarana sekolah dengan menggunakan cara pembelian penerimaan hibah membuat sendiri atau memproduksi sendiri. Kegiatan inventarisasi dilakukan dengan pemberian label pada setiap item perlengkapan sekolah dan bahan pustaka sekolah. Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan membuat jadwal pemeliharaan secara rutin dengan melibatkan guru maupun peserta didik. Penggunaan sarana dan prasarana masih belum menggunakan SOP (Standart Operational Prosededure) karena beberapa perlengkapan yang masih sedikit yang menjadi unggulan sekolah ini adalah penggunaan media pembelajaran yang sebagian besar memanfaatkan bahan alam menjadi perangkat pembelajaran. Keefektifan penggunaan sarana dan prasaran sekolah alam ditinjau dari kualitas masih banyak perlengkapan yang belum memenuhi standar walaupun sudah terakreditasi jenis bahan yang digunakan banyak menggunakan bahan mentah dari alam yang kemudian dijadikan pendukung bangunan sekolah layanan penggunaan sarana prasarana sekolah lebih mudah digunakan guru dan peserta didik maanfaat yang diperoleh dalam penggunaan sarana prasarana sekolah alam adalah mendukung keefektifan pembelajaran pada pembelajaran praktek waktu penggunaan sarana sekolah dengan bahan dari alam ternyata tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama karena faktor jenis bahan dan pegaruh cuaca namun penggunaan sarana prasana sekolah sudah sesuai dengan tujuan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan manajemen sarana dan prasarana sekolah alam di MI Bilingual Al-Ikhlas melakukan manajemen sarana prasarana sekolah pada umumnya namun sekolah ini mengkombinasikan sumber daya alam sebagai bahan utama untuk didayagunakan sebagai bahan pendukung sarana prasarana sekolah dan sarana pembelajaran sekolah begitu pula alam dimanfaatkan untuk mendukung operasional sekolah. Disarankan kepada Pembina Yayasan Kepala Madrasah MI Bilingual Al-Ikhlas Guru MI Bilingual Al-Ikhlas Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Orang tua/Wali Murid dan penelitian lain untuk lebih meningkatkan partisipasi pengelolaan dan mengembangkan sekolah berkonsep alam melalui peningkatan sarana dan prasana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |