Studi fenomenologi perubahan organisasi dan peran akuntansi sekolah menengah kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam perspektif new public management / Danarela Ekarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi perubahan organisasi dan peran akuntansi sekolah menengah kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam perspektif new public management / Danarela Ekarani

Ekarani, Danarela (2019) Studi fenomenologi perubahan organisasi dan peran akuntansi sekolah menengah kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam perspektif new public management / Danarela Ekarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Ekarani Danarela. 2019. Studi Fenomenologi Perubahan Organisasi dan Peran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam Perspektif New Public Management. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci perubahan organisasi akuntansi BLUD NPM. Perubahan status instansi menjadi BLUD merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah sebagai solusi dari keluhan masyarakat pada kinerja sektor publik. Pada tahun 2017 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah menyetujui 20 SMK untuk menjadi BLUD dimana salah satunya adalah SMKN 4 Malang. Perubahan SMK dengan status BLUD masih pertama kali dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemaknaan informan pada perubahan SMK menjadi BLUD dalam perspektif New Public Management dan peran akuntansi pada perubahan SMK menjadi BLUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah Transcendental Phenomenology yang terdiri dari lima tahap antara lain 1) noema 2) noesis 3) epoche (bracketing) 4) intentional analysis dan 5) eidetic reduction. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan informan pada perubahan organisasi SMKN 4 Malang menjadi BLUD antara lain adanya perbedaan persepsi antar warga sekolah mengenai konsep BLUD adanya penetapan target pengelolaan keuangan yang lebih baik diterapkannya sistem remunerasi menjadi motivasi tersendiri untuk menjalankan pengelolaan BLUD serta adanya dilema dalam pencapaian target yang telah ditetapkan sekolah. Sedangkan pemaknaan informan atas peran akuntansi pada perubahan organisasi SMK menjadi BLUD antara lain kompleksitas tugas pokok yang diberikan pada bendahara mengenal penyusunan RSB dan RBA dan dominasi peran aplikasi SIBAKU dalam Pola Pengelolaan Keuangan Sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37605

Actions (login required)

View Item View Item