Investigasi perilaku investor menggunakan behavior mapping di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang / Rima Apsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Investigasi perilaku investor menggunakan behavior mapping di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang / Rima Apsari

Apsari, Rima (2019) Investigasi perilaku investor menggunakan behavior mapping di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang / Rima Apsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Apsari Rima. 2019. Investigasi Perilaku Investor Menggunakan Behavior Mapping Di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Satia Nur Maharani S.E. M.SA. Ak. Kata Kunci perilaku investor behavior mapping behavior finance. Pengambilan keputusan investasi merupakan proses yang vital dan kompleks karena didalamnya terkait dengan risiko yang harus diukur secara cermat dan tepat. Investor disarankan untuk bersikap rasional dalam mengambil keputusan sehingga harga saham yang terbentuk mencerminkan harga yang sebenarnya. Akan tetapi banyak fakta yang membuktikan bahwa investor tidak selalu bersikap secara rasional dalam mengambil setiap keputusan invetasi. Hal ini dikarenakan terdapat faktor psikologi yang mempengaruhi investor dalam proses pengambilan keputusan sehingga keputusan yang dihasilkan bersifat bias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku investor yang sebenarnya dalam mengambil keputusan investasi serta sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas perdebatan teori Efficient Market Hyphotesis yang mengatakan investor rasional dan teori Behavior Finance yang menyebut bahwa investor irasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode behavior mapping untuk mengidentifikasi perilaku investor saat melakukan aktivitas investasi. Behavior mapping adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pola pergerakan dan perilaku manusia pada area tertentu. Informan dalam penelitian ini adalah investor aktif yang melakukan trading di Perusahaan Sekuritas X Cabang Malang. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa sebagian besar investor berperilaku irasional dalam mengambil keputusan investasi. Terdapat bias behavior finance yang mempengaruhi perilaku investor antara lain yaitu anchoring bias overconfidence bias bandwagon effect loss aversion bias dan regret bias.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37604

Actions (login required)

View Item View Item