Pengaruh intellectual capital dan struktur modal terhadap kinerja keuangan / Alfin Nadhiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intellectual capital dan struktur modal terhadap kinerja keuangan / Alfin Nadhiroh

Nadhiroh, Alfin (2019) Pengaruh intellectual capital dan struktur modal terhadap kinerja keuangan / Alfin Nadhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nadhiroh Alfin. 2019. Pengaruh Intellectual Capital dan Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ani Wilujeng Suryani S.E. M.ActgFin Ph.D. Kata Kunci Kinerja Keuangan Intellectual Capital Struktur Modal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital (X1) dan struktur modal (X2) terhadap kinerja keuangan (Y). Intellectual capital (IC) merupakan salah satu aset tidak berwujud yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif karena karakteristiknya yang langka dan tidak mudak ditiru. Indonesia memerlukan IC pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) untuk menciptakan strategi bersaing yang kreatif dan Inovatif. Semakin tinggi IC maka semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam menciptakan inovasi sehingga keberlanjutan perusahaan juga akan terjaga. Peningkatan IC tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga perusahaan perlu mencari sumber dana. Keputusan ini sering disebut sebagai keputusan struktur modal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Data dikumpulkan dari annual report 75 perusahaan manufaktur di Indonesia selama periode 2015 sampai 2017. IC diukur dengan menggunakan VAICTM struktur modal menggunakan debt to asset ratio (DAR) dan kinerja keuangan menggunakan return on asset (ROA). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IC berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan sedangkan struktur modal berpengaruh negatif signifikan. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi manajer perusahaan untuk mempertimbangkan peningkatan IC dalam menciptakan keunggulan kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat pada era MEA. Selain itu manajer perlu mempertimbangkan struktur modal yang optimum dalam memenuhi kebutuhan sumber dana sehingga tidak menjadikan perusahaan mengalami financial distress yang berdampak pada penurunan kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37601

Actions (login required)

View Item View Item