Motivasi berprofesi menjadi guru TIK: studi kasus pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Agustin Ayu Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi berprofesi menjadi guru TIK: studi kasus pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Agustin Ayu Ningrum

Ningrum, Agustin Ayu (2012) Motivasi berprofesi menjadi guru TIK: studi kasus pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Agustin Ayu Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Guru TIK Teknologi pendidikan Motivasi berprofesi. Seiring berkembangnya dunia pendidikan dan peran teknologi pendidikan yang mengarah ke ICT. Lulusan teknologi pendidikan di Universitas Negeri Malang harus mampu mengerti tentang peran fungsi dan kompetensi mereka yang harus dimiliki termasuk dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memfasilitasi belajar dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan. Sebagai pelaksana maka dibutuhkan motivasi berprofesi sebagai guru TIK agar menjadi guru yang professional dan berkompeten dibidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat mahasiswa serta mendeskripsikan kompetensi mahasiswa program studi teknologi pendidikan untuk menjadi guru TIK. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif presentase dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 166 mahasiswa yang diambil dari angkatan 2009 2010 2011 dan 2012 jurusan S1 Teknologi pendidikan FIP UM yang diwakili secara proporsional sesuai dengan jumlah offering. Teknik penggumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Pengambilan data dilakukan 1 Oktober 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi minat mahasiswa teknologi pendidikan menjadi seorang guru TIK adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu gaji kenyamanan ingin membagi ilmu baik kepada siswa ataupun guru lain tingkat percaya diri yang tinggi dan ingin menjadi guru yang professional. Sedangkan dalam kompetensi sebagai guru TIK (a) kompetensi mahasiswa yaitu sikap untuk seorang guru dewasa arif displin dan tegas (b) kompetensi pedagogi yaitu pemahaman terhadap peserta didik (c) kompetensi profesional yaitu menguasai kompetensi materi TIK yaitu aplikasi perkantoran pemrogaman visual pemrogaman data base manajemen sistem informasi teknologi jaringan dan pengembangan multimedia pembelajaran dan (d) kompetensi sosial yaitu berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik sesama pendidik tenaga kependidikan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Dari penelitian ini disarankan untuk mahasiswa dapat menentukan profesi bidang lulusan dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perkuliahan sebagai motivasi untuk meraih profesi yang diinginkan. Untuk dosen agar lebih memusatkan dan pengarahan kepada mahasiswa untuk menjadi guru TIK bagi yang berminat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item