Studi persepsi pengaruh sosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilan dalam perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar pada KPP Pratama Kediri / Gandisha Febi Pahlevi

Pahlevi, Gandisha Febi (2019) Studi persepsi pengaruh sosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilan dalam perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar pada KPP Pratama Kediri / Gandisha Febi Pahlevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Pahlevi, Gandisha F. 2019. Studi Persepsi Pengaruh Sosialisasi Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Dimensi Keadilan dalam Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang Terdaftar pada KPP Pratama Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M., Ak. Kata kunci : Sosialisasi, Kesadaran, Sanksi, Keadilan, Kepatuhan, Pajak UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan mendeteksi signifikansi pengaruh sosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilan dalam perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kepatuhan wajib pajak dapat didefinisikan sebagai kemampuan serta kemauan seorang wajib pajak untuk memenuhi segala kewajiban perpajakan yang melekat dalam dirinya. Hal ini juga berhubungan dengan disiplin dan motivasi pada diri seorang wajib pajak untuk membayarkan kewajiban pajaknya pada negara. Pemilihan tiap-tiap variabel didasarkan pada teori keperilakuan atau Theory of Planned Behaviour yang dikemukakan oleh Ajzen (1991) yang mana teori tersebut terdiri atas tiga hal yaitu behaviour beliefs, normative beliefs, dan control beliefs yang menghasilkan sebuah niat (intention) untuk berperilaku (behaviour intention). Perilaku yang diharapkan disini berupa kepatuhan berpajak pada diri individu wajib pajak. Penelitian ini menggunakan sampel dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdaftar di KPP Pratama Kediri tahun 2018, dengan jumlah sampel sebanyak 57 Wajib Pajak yang memenuhi kriteria sampel yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah pengujian regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat variabel berupa pengaruh sosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilan dalam perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel independen sehingga dapat ditemukan variabel baru yang bisa menjadi faktor yang akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak, menggunakan teknik wawancara sebagai metode pengumpulan data, dan menambah jumlah sampel yang bisa dijadikan sebagai responden agar hasil penelitian lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37592

Actions (login required)

View Item View Item