Pengaruh ukuran perusahaan, reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP), dan opini audit tahun sebelumnya terhadap pemberian opini audit going concern oleh auditor / Eli Fayani

Fayani, Eli (2019) Pengaruh ukuran perusahaan, reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP), dan opini audit tahun sebelumnya terhadap pemberian opini audit going concern oleh auditor / Eli Fayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fayani, Eli. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern Oleh Auditor Perusahaan Pertambangan Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E.,M.M.,Ak.CA Kata Kunci : Opini audit going concern, Ukuran perusahaan, Reputasi kantor akuntan publik, Opini audit tahun sebelumnya Opini audit going concern adalah opini yang dikeluarkan oleh auditor untuk mengevaluasi apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Opini ini merupakan suatu peringatan awal yang dikeluarkan oleh auditor untuk memastikan apakah perusahaan akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan yaitu dua belas bulan ke depan. Apabila terdapat keraguan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka auditor berhak mengeluarkan opini audit going concern yang akan dicantumkan pada paragraf penjelas atau pada paragraf pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern, (2) Pengaruh reputasi kantor akuntan publik terhadap opini audit going concern, (3) Pengaruh opini audit tahun sebelumnya terhadap opini audit going concern pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 38 perusahaan dari 54 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016, sehingga data penelitian yang dianalisis berjumlah 114. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,833. (2) Reputasi kantor akuntan publik berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sama dengan 0,05 yaitu 0,050. (3) Opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap opini audit going concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37590

Actions (login required)

View Item View Item