Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan / Esti Vita Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan / Esti Vita Ningtyas

Ningtias, Esti Vita (2016) Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan / Esti Vita Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningtias Esti Vita. 2016. HubunganantaraKompetensiManajerialKepalaSekolahdanKinerja Guru di SD Negeri se-KecamatanModoKabupatenLamongan. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Prof. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr. H. ImronArifin M.Pd. Kata Kunci Kompetensimanajerial kinerja guru kepalasekolah Kepemimpinan yang berkualitas akan bermuara pada peserta didik yang memiliki kemampuan sesuai yang diharapkan. Kepala sekolah memiliki posisi penting dalam menggerakkan manajemen sekolah. Tugas-tugas kepala sekolah dapat dilaksanakan dengan baik apabila kepala sekolah memiliki (1) kompetensi kepribadian (2) kompetensi manajerial (3) kompetensi kewirausahaan (4) kompetensi supervisi (5) kompetensi sosial. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar tingkat kinerja guru di SDN se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan (2)Seberapa besar tingkat kemampuan manajerial yang dimiliki kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan (3) Apakah ada hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitiandeskriptif-korelasional dengan tujuan mengetahuihubunganantaravariabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di 17 SDN di KecamatanModo. Penentuan sampel menggunakan cluster random samplingyang diperoleh berjumlah 154 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 55 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) for Windwos Version 16.00. Hasil pengujian asumsi normalitas data diperolehvariabelkompetensimanajerial0 113 0 05 dan variabel tingkat kinerja0 346 0 05. Sedangkan untuk pengujian homogenitas varians menggunakan Levenetestvariabel kompetensimanajerial diperoleh koefisien sebesar P 0 000 0 05variabel tingkat kinerjadiperoleh koefisien sebesarP 0 164 P 0 05. Analisiskorelasimenggunakan teknik korelasiPearsonmenunjukkan bahwa nilai r_hitung 0 872dengansig 2 tailed 0 000 0 05 maka dengan demikian Ada hubungan yang signifikan antara kompetensimanajerial (X) kepalasekolahdan kinerja (Y) guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kompetensimanajerialkepalasekolah dalam kategori tinggi (2) tingkat kinerja guru berada pada kategori tinggi (3) ada hubungan yang signifikan antara kompetensimanajerialkepalasekolahdankinerja guru. Saran yang dapat diberikan yaitu (1)bagikepaladinaskabupatenLamongan hendaknya mewadahi kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan manajerial dengan mengadakan pelatihan peningkatan manajerial (2) bagi pengawas pendidikan SDN se-kecamatan Modo kabupaten Lamongan diharapkan pengawas dapat memberikan perhatian terhadap kemampuan manajerial kepala sekolah serta memberikan bantuan dalam peningkatan kualitas kepala sekolah (3) bagi kepala SDN se-kecamatan Modo kabupaten Lamongan perlu untuk meningkatkan kemampuan manajerial agar kinerja guru di sekolah juga meningkat. Untuk meningkatkan kinerja guru melalui pendekatan pembinaan kinerja guru adalah program kerja merupakan suatu hal yang penting di dalam kemampuan kepala Sekolah dalam menyusun rencana kerja Sekolah berpengaruh terhadap kemajuan Sekolah yang dipimpinnya (4) bagi guru SDNse-kecamatan Modo kabupaten Lamongan hendaknya meningkatkan kinerja guru dengan mendukung peran kepala sekolah sebagai manajer di sekolah. Dukungan ini bisa berupa dukungan tenaga pikiran dan waktu yang dicurahkan pada pelaksanaan proses manajemen sehingga kinerja guru juga ikut tinggi pula (5) bagi peserta didik SDNse-kecamatan Modo kabupaten Lamongan peserta didik juga dapat memberikan sumbangan dalam peningkatan belajar sehingga dapat membantu secara tidak langsung terhadap peningkatan kinerja guru dan kompetensi manajerial kepala sekolah (6) bagi peneliti lain mengenai hubungan antara kompetensimanajerialkepalasekolahdankinerja guru SDN se-KecamatanModo dengan hasil tingkat komepetensimanajerial dalam kategori tinggi sedangkan tingkat kinerjadalam kategori tinggi dengan melakukan penelitian lain misalnya hubungan kompetensimanajerialkepalasekolahdan professional guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item