Studi kasus terhadap akuntabilitas lembaga publik Yayasan Karmel Keuskupan Malang / Valentino Aji Damar Arsanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus terhadap akuntabilitas lembaga publik Yayasan Karmel Keuskupan Malang / Valentino Aji Damar Arsanta

Arsanta, Valentino Aji Damar (2019) Studi kasus terhadap akuntabilitas lembaga publik Yayasan Karmel Keuskupan Malang / Valentino Aji Damar Arsanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arsanta Valentino Aji Damar. 2018. Studi Kasus Terhadap Akuntabilitas Lembaga Publik Yayasan Karmel Keuskupan Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. Kata Kunci akuntabilitas penerimaan pengeluaran Yayasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk akuntabilitas lembaga publik yang terfokus dibagian keuangan Yayasan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen majalah dan buletin. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data model data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh informasi mengenai proses keuangan dan pemahaman akan bentuk empat dimensi akuntabilitas lembaga publik yaitu akuntabilitas hukum dan kejujuran akuntabilitas proses akuntabilitas program dan akuntabilitas kebijakan keuangan Yayasan. Supervisi ke sekolah-sekolah dilaksanakan oleh staf administrasi dan pemeriksaan menemukan kendala keterbatasan tenaga kerja yang kurang hal ini berakibat pada penumpukan tugas kerja. Kepala bagian keuangan dalam tahap penyesuaian tugas disarankan untuk juga lebih ikut serta dalam kontrol di bagian administrasi dan pemeriksaan. Hal tersebut untuk menunjang program kontrol 61 sekolah dan manajemen waktu yang lebih baik dan efisien atau menambah staf di divisi keuangan. Selain itu staf keuangan merangkap fungsi sebagai pembukuan (membuat laporan keuangan bulanan). Laporan keuangan Yayasan Karmel belum mengacu pada PSAK 45. Laporan keuangan yang diserahkan ke Keuskupan berupa laporan kas dan laporan DJSK (sekarang dikenal BPJS) laporan yang berisi aset Yayasan tidak dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37578

Actions (login required)

View Item View Item