Hubungan kinerja keuangan perbankan berdasarkan analisis CAMEL terhadap pengungkapan corporate social responsibility (studi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2016) / Lailatul Khamidah

Khamidah, Lailatul (2019) Hubungan kinerja keuangan perbankan berdasarkan analisis CAMEL terhadap pengungkapan corporate social responsibility (studi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2016) / Lailatul Khamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khamidah, Lailatul. 2018. Hubungan Kinerja Keuangan Perbankan Berdasarkan Analisis CAMEL Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2016). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Nurika Restuningdiah, S.E.,M.Si.,Ak., CA Kata Kunci : Analisis CAMEL, Capital Adequacy Ratio, Return On Risk Assets, Net Profit Margin, Return On Assets, Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio, Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan, termasuk perusahaan perbankan. Setiap perusahaan memiliki tingkat dan ruang lingkup pelaksanaan kegiatan CSR yang bervariasi. Hal tersebut terlihat dari intensitas pengungkapannya. Laporan keuangan merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung keberlangsungan suatu perusahaan, terutama pada perusahaan perbankan yang go public. Semakin pesat perkembangan perusahaan perbankan yang dapat dilihat dari nilai rasio keuangan perbankan maka semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh perusahaan yang memungkinkan perusahaan dapat memperluas pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel kinerja keuangan perbankan berdasarkan analisis CAMEL yang diproksikan dengan rasio CAR, RORA, NPM, ROA, BOPO, dan LDR terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah 29 perusahaan. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan dan annual report yang terdapat di website BEI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung (1) Rasio CAR berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H01 diterima, (2) Rasio RORA berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H02 diterima, (3) Rasio NPM berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H03 diterima, (4) Rasio ROA tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H04 ditolak, (5) Rasio BOPO berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H05 diterima, (6) Rasio LDR berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility artinya H06 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37573

Actions (login required)

View Item View Item