Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri / Airin Miftakhul Rochmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri / Airin Miftakhul Rochmah

Rochmah, Airin Miftakhul (2016) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri / Airin Miftakhul Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rochmah Airin Miftakhul. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Negeri se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D (II) Teguh Triwiyanto M.Pd. Kata Kunci gaya kepemimpinan kinerja guru Kepala sekolah memiliki peran penting di dalam penyelenggaraan pendidikan. Sebagai pemimpin ia mampu menciptakan suasana organisasi yang dapat membangkitkan perasaan menyenangkan aman dan penuh semangat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mempunyai syarat dan kunci keberhasilan memanajemen seluruh kegiatan yaitu terletak pada kepemimpinan kepala sekolah. Cara atau teknik seorang kepala sekolah yang dapat disebut tipe atau gaya kepemimpinan. Adanya guru di sekolah dapat memberi masukan kepada kepala sekolah mengenai gaya kepemimpinan yang dilakukan. Jika ada kepala sekolah maka juga harus ada seorang guru. Dalam proses pendidikan guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Kinerja guru akan dibilang tinggi apabila telah mampu memenuhi kompetensi-kompetensi seorang guru. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Gurah (2) mengetahui sejauh mana tingkat kinerja guru dan (3) mengetahui sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN se-Kecamatan Gurah. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini guru-guru PNS di SDN se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang berjumlah 242 guru sampel penelitian ini 32 guru dengan pengambilan sampel menggunakan area random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket yang meliputi angket gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan multi korelasi untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SDN se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di SDN se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri tergolong tinggi hal ini terlihat dari besarnya frekuensi dan persentase yakni 21 guru (66%) responden menyatakan bahwa penerapan gaya kepemimpinan oleh kepala sekolah tergolong tinggi. Untuk kinerja guru di SDN se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri tergolong kondusif hal ini terlihat dari 22 responden (66%) memiliki kinerja dengan kategori kondusif. Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y) di SDN se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Berdasar kesimpulan dari penelitian ini disarankan kepada pihak Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri diharapkan terus memberikan masukan dan pengarahan secara intensif kepada Kepala SD Negeri se-Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri untuk dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin sekolah serta memberikan masukan mengenai gaya kepemimpinan yang baik. Bagi kepala SDN se-Kecamatan Gurah hendaknya bisa menerapkan berbagai macam gaya kepemimpinan yang bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan oleh guru sehingga guru mampu meningkatkan kinerja yang dimiliki hal ini dikarenakan gaya kepemimpinan mempengaruhi kinerja guru. Guru-guru SD Negeri se-Kecamatan Gurah hendaknya bisa meningkatkan kinerjanya dengan cara meningkatkan kompetensi-kompetensi yang harus ditingkatkan. Bagi peneliti selanjutnya dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya serta menambahkan variabel yang ada dan menyempurnakan penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item