Carlina, Vivi (2016) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru berprestasi (studi kasus di SMAN 1 Kota Mojokerto) / Vivi Carlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Carlina Vivi. 2016. KepemimpinanKepalaSekolahdalamMemotivasi Guru Berprestasi (StudiKasus di SMAN 1 Kota Mojokerto).Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. AgusTiman M.Pd (II) Prof. Dr. H. M. Huda. A.Y M.Pd. Kata kunci kepemimpinankepalasekolah guru berprestasi Pendidikanmerupakansalahsatufaktorterpentingdalampembangunanbangsadannegara karenapendidikanadalahinvestasijangkapanjang yang memilikinilaistrategisuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusiayang dapatmenjadikansuatunegaralebihmaju.Kualitassumberdayamanusiadipengaruhiolehkualitaspendidikan.Pendidikan yang baikdanbermutuakanmenghasilkansumberdayamanusia yang berkualitastinggi. Indonesia menempatkanpendidikansebagai yang utama.Keberhasilanprestasi guru dankeberhasilansutaulembagapadasaatinidan di masamendatangsangatlahditentukanolehkemampuanpemimpinnyauntukmemotivasidanmemberikanbimbingansecarakreatifdengancaranyasendirisesuaidengankondisisekolahmasing-masing. Motivasidanbimbingan yang diberikankepada guru harussesuaidengankemampuan guru di masing-masingbidangstudi yang diampudengantanpaadanyatekanan. Fokusumumpenelitianiniadalahkepemimpinankepalasekolahdalammemotivasi guruberprestasi.Secarakhusus fokuspenelitiandiarahkanpada limahalberikut (1)prestasi yang telahdiraih guru berprestasi di SMAN 1 Kota Mojokertodaritahun 2012-2015 (2) perankepemimpinankepalasekolahdalammemotivasi guru berprestasi di SMAN 1 Kota Mojokerto (3) faktor-faktorpenghambatkepalasekolahdalammemotivasi guru berprestasi di SMAN 1 Kota Mojokerto (4) dampakdariprestasi yang diperoleh guru berprestasiterhadapkepemimpinankepalasekolah dan (5) faktor-faktorpembentukprestasidalamkepemimpinankepalasekolah. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang mengacupadafenomenologis.Rancangan yang dipergunakandalampenelitianiniadalahstudikasus.Lokasipenelitianini di SMAN 1 Kota Mojokerto.Penentuanlokasipenelitiandipilihberdasarkan data sekolahatasrekomendasidaripejabat Kantor DinasPendidikan Daerah Kota Mojokerto.Pengumpulan data dilakukandenganteknikwawancaramendalam observasi dandokumentasi.Analisis data dilakukanmelaluireduksi data display data dankemudianverifikasi data. Kesimpulanpenelitianiniadalimarumusanmeliputi Pertama prestasi yang diperoleh guru-guru berupaprestasiakademikmaupunprestasi non akademik. Temuanpenelitian yang terkaitdenganprestasi guru yang pertamayaitu guru berprestasitingkatkotasampaitingkatnasionaldan OSN guru MatematikamaupunFisika. Guru dapatmeraihprestasi guru berprestasikarenamotivasi yang besardarikepalasekolah. Kepalasekolahmemberikanfasilitasuntukmenunjangprestasitersebut.Kedua kepemimpinankepalasekolahdalammemotivasi guru sehinggadapatberprestasidalamkinerjanyamerupakansuatucara agar kepemimpinanitusendiridapatberjalanlancarsecaraefektifdanefisien. Kemampuankepemimpinankepalasekolah yang baikdanbenarsangatmembantu proses berprestasiitusendiri. Secaraumumperankepemimpinankepalasekolahdilakukandengancaramembangununtukmerubahparadigmadanmerubahperilaku. Bentukmotivasi yang dilakukankepalasekolahdalammemotivasi guru sehinggamencapaiprestasiadalahmemberikanpenghargaankepada guru memberikankekuasaankepada yang melakukanpekerjaanuntukmembuatkeputusan danmenjunjunghargadiri guru.Ketiga Kepemimpinankepalasekolah yang diharapkansebagaicarauntukmelancarkanseluruh proses yang adadalamsuatuorganisasiseringmenghadapikendala-kendala yang dapatmempengaruhimotivasi guru untukmengembangkanpotensidalamberprestasi. Adapunkendaladalamkepemimpinankepalasekolahdalammemotivasi guru berprestasiadalah guru kurangpercayadiriterhadapkemampuan yang dimiliki keduaadalah guru tidakdapatmenerimakebiasaanbarudanmasihmempertahankankebiasaan lama.Keempat dampakdariprestasibisaterlihatdarihasil yang telahdicapaiolehsuatulembaga.Semakinbanyakprestasi yang dihasilkansemakinbanyakdampak yang terlihatterhadapkepemimpinankepalasekolah.Dampakbagikepemimpinankepalasekolahadalahdapatmeyakinkanpandangan yang baruterhadapsekolahdandapatmenjadiacuanuntuksemakinmajudalamberinovasi.Kelima faktorpembentukprestasidiciptakandarisemuawargasekolah.Faktorpembentukprestasiiniterbentukatasbantuandarikepemimpinandarikepalasekolah.Untukmenciptakanfaktorpembentukinidiperlukansuasanasekolahkondusif visidanmisi yang harusdisepakatisemuawargasekolah danpendoronguntukmencapaivisimisitersebut. Berdasarkanhasilpenelitianinidiberikan saran kepada limapihak yaitu (1) KepalaSekolah SMAN 1 Kota Mojokertodapatdigunakanuntuklebihmeningkatkankepemimpinannyakhususnyauntukmemotivasi guru sertamembuat program kerja yang lebihinovatifuntukmemajukansekolah (2) Guru diharapkandapatmenerimainformasidanmasukanmotivasiberprestasi yang telahdiberikanolehkepalasekolahsekolahsehingga guru dapatsadardandapatmengembangkanpotensi yang dimiliki (3)KetuaJurusanAdministrasiPendidikandiharapkanlebihbanyaklagimengkajitentangKepemimpinanKependidikan terutamakepemimpinanuntukmemotivasibawahansehinggamecapaiprestasi (4) MahasiswaJurusanAdministrasiPendidikanhasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikansebagaisalahsatubahanreferensimatakuliahkepemimpinanpendidikan (5) BagiPeneliti Laindiharapkanmelihatdanmemperhatikankepemimpinankependidikan terutama yang berkaitandenganmotivasiuntukpencapaianprestasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |