Pengaruh kompetensi aparat desa, pemanfaatan teknologi informasi, dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap akuntabilitas dana desa di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Muhammad Nur Aziiz

Aziiz, Muhammad Nur (2018) Pengaruh kompetensi aparat desa, pemanfaatan teknologi informasi, dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap akuntabilitas dana desa di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Muhammad Nur Aziiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

I ABSTRAK Aziiz, Muhammad Nur. 2018. Pengaruh Kompetensi Aparat Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Akuntabilitas Dana Desa DI Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Akuntabilitas Dana Desa, Kompetensi Aparatur Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Akuntabilitas merupakan salah satu pilar utama dalam good governance. Akuntabilitas bagi pemerintah dinilai sangat penting untuk dimiliki disebabkan adanya akuntabilitas tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aktivitas yang telah dilakukan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparat desa, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap akuntabilitas dana desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan aparatur desa di Kecamatan Sumbergempol. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan memilih 8 desa dengan besaran dana desanya terbesar di Kecamatan Sumbergempol sehingga diperoleh 56 sampel. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi aparatur, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem pengendalian intern pemerintah berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas dana desa. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah tidak sepenuhnya kuesioner yang disebar kembali tepat waktu dan terisi secara lengkap. Dari hasil penelitian tersebut maka sebaiknya pemerintah Kabupaten Tulungagung dapat meningkatkan kompetensi aparatur dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dan menyediakan fasilitas guna menunjang kelancaran aktifitas pengelolaan dana desa di Kabupaten Tulungagung. Peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain seperti partisipasi masyarakat dan menambah metode dengan wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37553

Actions (login required)

View Item View Item