Akuntabilitas pengelolaan dana desa dalam penyusunan rencana kerja pembangunan Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Zaki Akhmad Affan

Affan, Zaki Akhmad (2018) Akuntabilitas pengelolaan dana desa dalam penyusunan rencana kerja pembangunan Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Zaki Akhmad Affan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Affan, Zaki Akhmad. 2017. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dalam Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa di Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc. Kata kunci : Akuntabilitas, pengelolaan Dana Desa. Sistem pemerintahan yang ada dan berlaku saat ini desa mempunyai peran yang strategis dan penting dalam membantu pemerintah daerah dan proses penyelenggaraan pemerintah serta pembangunan. Salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan wilayah pedesaan adalah anggaran pembangunan secara khusus yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan wilayah pedesaan yakni dalam bentuk Alokasi Dana Desa, Salah satu desa yang sedang melakukan banyak pembangunan adalah, Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dimana peneliti berusaha untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pengolahan dana desa untuk rencana kerja pembangunan desa di Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa, Pelaksanaan program DD (Dana Desa) di Desa Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan telah menerapkan prinsip-prinsip partisipatif, responsif, transparan. Walaupun penerapan prinsip akuntabilitas pada tahap ini masih sebatas pertanggungjawaban fisik yakni melalui bentuk banner, sedangkan sisi administrasi masih belum sepenuhnya dilakukan dengan sempurna. Pertanggungjawaban Pengolahan Dana Desa baik secara teknis maupun administrasi sudah baik, namun dalam hal pertanggungjawaban administrasi keuangan kompetensi sumber daya manusia pengelola merupakan kendala utama, sehingga masih memerlukan pendampingan dari aparat Pemerintah Daerah guna penyesuaian perubahan aturan setiap tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37551

Actions (login required)

View Item View Item