Istiqomah, Angga (2016) Implementasi peran Komite Sekolah di SMP Satu Atap (studi kasus di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Kota Malang) / Angga Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Istiqomah Angga. 2016. Implementasi Peran Komite Sekolah di SMP Satu Atap (Studi Kasus di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Kota Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M. Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata kunci implementasi peran komite sekolah Lembaga pendidikan formal seperti sekolah tentunya tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak. Komite sekolah akan membantu menumbuhkan dan mendorong kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Keberadaan komite sekolah sangat dibutuhkan oleh sekolah karena menjadi pendamping dan mitra kerja sekolah dalam menyampaikan program kepada masyarakat khususnya orang tua peserta didik. Komite sekolah sebagai lembaga perwakilan masyarakat yang mewadahi aspirasi dan pendapat dari para orang tua peserta didik memiliki kontribusi yang besar terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Peran yang dimiliki oleh komite sekolah sangat penting untuk sekolah yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) pendukung (supporting agency) pengontrol (controlling agency) dan mediator antara sekolah dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah (1) peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan (advisory agency) (2) peran komite sekolah sebagai badan pendukung (supporting agency) (3) peran komite sekolah sebagai mediator (mediating agency) (4) peran komite sekolah sebagai badan pengontrol (controlling agency) (5) faktor pendukung dan penghambat implementasi peran komite sekolah dan (6) upaya mengatasi faktor penghambat implementasi peran komite sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin mengungkapkan fenomena yang terjadi di masyarakat khususnya mengkaji secara mendalam mengenai peran komite sekolah di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus tunggal (Individual Case Study) yang lingkupnya hanya melibatkan satu lokasi penelitian. Peneliti secara langsung terjun ke lapangan mulai pada tahap persiapan pelaksanaan pengumpulan data dan pelaporan karena peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah lama periode Tahun 2013 s.d. 2015 kepala sekolah baru ketua komite sekolah waka humas bendahara sekolah kepala tata usaha dan beberapa orang tua peserta didik. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara didukung dengan dokumen serta pengamatan atau observasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu ketekunan pengamatan triangulasi pengecekan anggota dan perpanjangan waktu pengamatan di lapangan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan (advisory agency) terlibat dalam hal pertimbangan mengenai sarana dan prasarana dan keuangan sekolah (2) peran komite sekolah sebagai badan pendukung (supporting agency) yaitu komite sekolah mendukung program-program sekolah dan bentuk dukungannya berupa tenaga dan saran (3) peran komite sekolah sebagai mediator (mediating agency) yaitu menjembatani dan menampung aspirasi dari orang tua peserta didik dan mengarahkan peserta didik yang belum memperoleh sekolah agar bersekolah di SMP Negeri Satu Atap Merjosari (4) peran komite sekolah sebagai badan pengontrol (controlling agency) yaitu mengontrol sarana dan prasarana penggunaan dana dan ujian-ujian yang dilakukan oleh sekolah (5) faktor pendukung membentuk pengurus komite sekolah yang baru dan dukungan dari orang tua peserta didik dan faktor penghambat yaitu pengurus komite sekolah yang tidak aktif dan yang aktif hanya ketuanya dan tidak adanya ruangan khusus untuk komite sekolah dan (6) upaya mengatasi faktor penghambat yaitu membentuk pengurus komite sekolah yang baru dengan beberapa kriteria lugas sering datang ke sekolah mengerti dan berkompeten di bidang pendidikan mengetahui kekurangan sekolah dan rencana pembangunan ruangan khusus untuk komite sekolah. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan kepada (1) Kepala SMP Negeri Satu Atap Merjosari agar segera membentuk komite sekolah yang baru dengan beberapa kriteria usulan dari orang tua peserta didik (2) Waka Humas SMP Negeri Satu Atap Merjosari harus bekerja sama dengan komite sekolah dan memaksimalkan peran komite sekolah dan mengajak aktif komite sekolah untuk terlibat dalam semua kegiatan sekolah (3) Ketua Komite SMP Negeri Satu Atap Merjosari membantu kepala sekolah yang baru untuk membentuk pengurus komite sekolah yang baru dan aktif terlibat dalam kegiatan sekolah (4) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang lebih mengadakan seminar untuk pengurus komite sekolah dan lebih jeli mengidentifikasi pengurus komite sekolah sebelum menandatangani dan mengesahkan pengurus komite sekolah (5) Orang Tua atau Wali Peserta Didik SMP Negeri Satu Atap Merjosari lebih peka dan tanggap terhadap adanya komite sekolah di lingkungan sekolah dan lebih aktif memberikan saran kepada sekolah (6) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang mengkaji lebih dalam tentang hubungan sekolah dan masyarakat khususnya peran komite sekolah dan menambah referensi mengenai peran komite sekolah dan (7) Peneliti Lain mengkaji lebih dalam dan menyempurnakan teori hasil penelitian yang sudah ditemukan sehingga dapat dikembangkan untuk penelitian yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |