Perlakuan akuntansi untuk heritage assets (studi kasus pada museum Mpu Purwa Kota Malang) / Muhammad Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Perlakuan akuntansi untuk heritage assets (studi kasus pada museum Mpu Purwa Kota Malang) / Muhammad Ilham

Ilham, Muhammad (2018) Perlakuan akuntansi untuk heritage assets (studi kasus pada museum Mpu Purwa Kota Malang) / Muhammad Ilham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilham Muhammad. 2018. Perlakuan Akuntansi Untuk Heritage Assets Studi Kasus Pada Museum Mpu Purwa Kota Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Helianti Utami S.E. M.Si. Ak. Ph.D. Kata Kunci Aset Bersejarah Pengakuan Penilaian Pengungkapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi untuk aset bersejarah di Museum Mpu Purwa yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang yang mencakup pengakuan penilaian dan pengungkapan didalam laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada hasil wawancara dengan informan penelitian. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan pihak dinas terkait dan pengelola Museum Mpu Purwa kota Malang didukung dengan hasil data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola Museum Mpu Purwa belum sesuai dengan Peraturan Sistem Akuntansi Pemerintah yang diterapkan di Indonesia. Dalam praktik pengakuan pihak dinas setempat tidak mengakui sebagai aset bersejarah melainkan diakui sebagai benda cagar budaya. Dalam penilaian pihak dinas setempat memunculkan nilai nominal sebesar enam rupiah untuk keseluruhan benda cagar budaya di Museum Mpu Purwa kota yang secara penilaian akuntansi sebenarnya tidak menggunakan appraiser dan tidak terdapat nilai perolehan maupun nilai wajar yang terkandung pada nilai tersebut. Secara penilaian pihak dinas setempat tidak melakukan penilaian kembali dan penyusutan pada benda tersebut. Pengungkapan tidak menyajikan benda yang dimunculkan nilai nominal enam rupiah kedalam laporan keuangan maupun Catatan atas Laporan Keuangan. Berdasarkan hasil data observasi dan dokumentasi pihak dinas setempat hanya melaporkan nilai enam rupiah untuk keseluruhan benda cagar budaya kedalam laporan ekstrakomptable sebagai data yang dimiliki Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37548

Actions (login required)

View Item View Item