Sistem pengelompokan peserta didik di SD Negeri Model Kota Malang / M. Ghulaman Zakia - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pengelompokan peserta didik di SD Negeri Model Kota Malang / M. Ghulaman Zakia

Zakia, M. Ghulaman (2016) Sistem pengelompokan peserta didik di SD Negeri Model Kota Malang / M. Ghulaman Zakia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakia M. Ghulaman. 2016. SistemPengelompokanPesertaDidik di SD Negeri Model Kota Malang.Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Prof. Dr. Hj. NurulUlfatin M.Pd. Kata Kunci pengelompokan pesertadidik SD Negeri Model Kota Malang Pengelompokanpesertadidikmerupakansalahsatubidangkegiatandarimanajemenpesertadidik.Pengelompokanpesertadidikiniperludilakukan agar dapatmemudahkansekolahdalampemberianpelayanankepadapesertadidik terutama yang berkaitandenganpenyampaianmateripembelajaran.Jikapesertadidik di suatusekolahtidakdikelompokanmakapenyampaianmateripembelajarantidakakanefektif. Pengelompokanpesertadidikdilakukanuntukmeningkatkantingkatkreatifitassiswadalambelajardanmeningkatkankeefektifan guru dalammembimbingsiswa. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahal yang meliputidasarpengelompokanpesertadidik jenispengelompokanpesertadidik carapengelompokanpesertadidik dampakpositifdannegatifpengelompokanpesertadidik kendaladalampengelompokanpesertadidik dancaramengatasikendaladalampengelompokanpesertadidik di sekolahdasar. Penelitianinimenggunakanpendekatankulitatifjenisstudikasusdenganlokasipenelitian di SD Negeri Model Kota Malang.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknikwawancara observasi dandokumentasi.Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data berupainstrumenmanusia yaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahan data dilakukankegiatantrianggulasi data.Kegiatananalisis data dilakukansecarainteraktifmulaidaritahappengumpulan data sampaidenganpenarikankesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutmakadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Jenispengelompokanpesertadidikdilakukandenganmenggunakantigapertimbanganyaituprestasibelajarpesertadidik sikappesertadidik danbakatminatpesertadidik.Selanjutnyamengenaijenispengelompokan yang digunakanadalahjenismeratayaitudenganmeratakanprestasibelajarpesertadidik sikap danjeniskelaminpesertadidikpadasetiapkelas.Carapengelompokanpesertadidik dilakukandenganmenggunakanjenistestulismelaluiujiansekolah kemudian data diolahmenggunakanMicrosoft Excelolehkoordinatorkurikulum.Pengelompokanpesertadidiktersebutmemilikidampakpositifdannegatif.Dampakpositifnyapesertadidiklebihpandaibersosialisasi dandampaknegatifnyaadalah guru haruslebihekstraperhatiansehinggamenambahbeban guru apabilapesertadidiksulitberadaptasi.Terkaitkendala yang ditemukanadalahmasihseringadapesertadidik yang sulitberadaptasidengantemankelasbarunya.Cara mengatasikendalatersebutadalah guru kelasharusberusahasemaksimalmungkinmemahamikeinginanpesertadidiknya danmenciptakansuasana yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3754

Actions (login required)

View Item View Item