Zakia, M. Ghulaman (2016) Sistem pengelompokan peserta didik di SD Negeri Model Kota Malang / M. Ghulaman Zakia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zakia M. Ghulaman. 2016. SistemPengelompokanPesertaDidik di SD Negeri Model Kota Malang.Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Prof. Dr. Hj. NurulUlfatin M.Pd. Kata Kunci pengelompokan pesertadidik SD Negeri Model Kota Malang Pengelompokanpesertadidikmerupakansalahsatubidangkegiatandarimanajemenpesertadidik.Pengelompokanpesertadidikiniperludilakukan agar dapatmemudahkansekolahdalampemberianpelayanankepadapesertadidik terutama yang berkaitandenganpenyampaianmateripembelajaran.Jikapesertadidik di suatusekolahtidakdikelompokanmakapenyampaianmateripembelajarantidakakanefektif. Pengelompokanpesertadidikdilakukanuntukmeningkatkantingkatkreatifitassiswadalambelajardanmeningkatkankeefektifan guru dalammembimbingsiswa. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahal yang meliputidasarpengelompokanpesertadidik jenispengelompokanpesertadidik carapengelompokanpesertadidik dampakpositifdannegatifpengelompokanpesertadidik kendaladalampengelompokanpesertadidik dancaramengatasikendaladalampengelompokanpesertadidik di sekolahdasar. Penelitianinimenggunakanpendekatankulitatifjenisstudikasusdenganlokasipenelitian di SD Negeri Model Kota Malang.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknikwawancara observasi dandokumentasi.Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data berupainstrumenmanusia yaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahan data dilakukankegiatantrianggulasi data.Kegiatananalisis data dilakukansecarainteraktifmulaidaritahappengumpulan data sampaidenganpenarikankesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutmakadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Jenispengelompokanpesertadidikdilakukandenganmenggunakantigapertimbanganyaituprestasibelajarpesertadidik sikappesertadidik danbakatminatpesertadidik.Selanjutnyamengenaijenispengelompokan yang digunakanadalahjenismeratayaitudenganmeratakanprestasibelajarpesertadidik sikap danjeniskelaminpesertadidikpadasetiapkelas.Carapengelompokanpesertadidik dilakukandenganmenggunakanjenistestulismelaluiujiansekolah kemudian data diolahmenggunakanMicrosoft Excelolehkoordinatorkurikulum.Pengelompokanpesertadidiktersebutmemilikidampakpositifdannegatif.Dampakpositifnyapesertadidiklebihpandaibersosialisasi dandampaknegatifnyaadalah guru haruslebihekstraperhatiansehinggamenambahbeban guru apabilapesertadidiksulitberadaptasi.Terkaitkendala yang ditemukanadalahmasihseringadapesertadidik yang sulitberadaptasidengantemankelasbarunya.Cara mengatasikendalatersebutadalah guru kelasharusberusahasemaksimalmungkinmemahamikeinginanpesertadidiknya danmenciptakansuasana yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |