Analisis penerapan corporate social responsibility di PT. Pindad (Persero) / Dwi Arum Cahyanti

Cahyanti, Dwi Arum (2018) Analisis penerapan corporate social responsibility di PT. Pindad (Persero) / Dwi Arum Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyanti, Dwi Arum. 2018. ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. PINDAD (PERSERO). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. Kata Kunci: Penerapan CSR, PT. Pindad, Teori Egoisme Etis. Fenomena perkembangan isu Corporate Social Responsibility (CSR) cukup dikenal di Indonesia dalam beberapa tahun ini. CSR merupakan pemahaman tentang komitmen untuk menjamin keberlanjutan perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian laba yang maksimal, namun juga menjaga hubungan yang serasi dan seimbang dengan nilai, norma, budaya masyarakat setempat dan lingkungan. CSR muncul dan berkembang sejalan dengan interelasi antara perusahaan dengan masyarakat yang sangat ditentukan oleh dampak yang timbul dari perkembangan dan peradaban masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil objek penelitian pada PT. Pindad (Persero) Turen Malang. PT. Pindad (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri dan manufaktur yang memproduksi dan membuat produk militer dan komersial di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana PT. Pindad memaknai penerapan program CSR. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan studi lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam penerapan CSR di PT. Pindad (Persero), motif-motif yang mendasari pelaksanaan CSR mencerminkan keberlakuan teori Egoisme etis yang membuktikan bahwa pelaksanaan CSR di PT. Pindad yang dilakukan secara voluntary mempunyai motif lain yaitu untuk memenuhi kepentingan perusahaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pernyataan-pernyataan dari informan yang menjelaskan bahwa pelaksanaan CSR bukan merupakan kewajiban tetapi memang sudah menjadi budaya perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37539

Actions (login required)

View Item View Item