Pengaruh peristiwa pengumuman predikat layak investasi dari Lembaga Pemeringkat Standard & Poor's (S&P) terhadap reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 / Bagus Wahyu Kurniawan

Kurniawan, Bagus Wahyu (2018) Pengaruh peristiwa pengumuman predikat layak investasi dari Lembaga Pemeringkat Standard & Poor's (S&P) terhadap reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 / Bagus Wahyu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan, Bagus Wahyu. 2018. Pengaruh Peristiwa Pengumuman Predikat Layak Investasi dari Lembaga Pemeringkat Standard & Poor's (S&P) terhadap Reaksi Pasar pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak. Kata Kunci: Studi Peristiwa, Teori Pesinyalan, Hipotesis Pasar Efisien, Predikat Layak Investasi Peristiwa pengumuman predikat layak investasi menjadi sinyal pengambilan keputusan investasi para investor karena peristiwa tersebut berkaitan dengan resiko sistematis. Bentuk efisiensi pasar modal mempengaruhi kecepatan sinyal yang ditangkap oleh para investor, di samping itu jenis sinyal menentukan jumlah return positif atau negatif. Untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap peristiwa pengumuman predikat layak investasi, bentuk efisiensi pasar, kecepatan penangkapan sinyal dan jenis dari sinyal yang ditimbulkan maka dilakukan penelitian event study deskriptif dengan 45 saham perusahaan yang listing sebagai sampel penelitian. Selama periode pengamatan abnormal return berbentuk positif pada event window yang ditetapkan penulis dengan tingkat alpha hanya 5%. Sedangkan untuk abnormal trading volume activity berbentuk negative namun tidak signifikan. Terbentuknya Abnormal return menandakan pasar bereaksi atas peristiwa yang dipublikasi sehingga bentuk efisiensi pasar Indonesia adalah setengah kuat (semistrong form) dengan sinyal positif timbul dari peristiwa. Adanya hasil yang berlawanan antara abnormal return dan abnormal trading volume activity ini sesuai dengan teori mekanisme pasar. Penelitian selanjutnya dapat memfokuskan pada teori mekanisme pasar, dengan hal yang diuji adalah: a. dilihat dari sisi permintaan. Harga yang terbentuk terlalu tinggi, sehingga tidak tercapai kesepakatan. Atau dengan kata lain, pembeli tidak bersedia karena harga tidak sesuai dengan keinginan mereka. b. dilihat dari sisi penawaran. Pemegang saham menahan keuntungan yang ada, atau tidak merealisasikan keuntungan, karena berharap adanya kenaikan harga yang lebih tinggi atau keuntungan lain di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37532

Actions (login required)

View Item View Item