Pengaruh tingkat pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak dan lingkungan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak untuk mengikuti tax amnesty / Fella Nur Fitria

Fitria, Fella Nur (2018) Pengaruh tingkat pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak dan lingkungan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak untuk mengikuti tax amnesty / Fella Nur Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fitria, Fella Nur. 2018. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak dan Lingkungan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak untuk Mengikuti Tax Amnesty. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Lingkungan Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak untuk Mengikuti Tax Amnesty Tax Amnesty adalah program pengampunan pajak yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak yang berlaku sejak disahkan hingga 31 Maret 2017. Pemerintah berusaha meningkatkan pendapatan perpajakan melalui Tax Amnesty yang akan dicapai apabila kepatuhan Wajib Pajak untuk mengikuti Tax Amnesty meningkat. Perilaku Wajib Pajak untuk mendukung dan berpartisipasi dalam Tax Amnesty dipengaruhi oleh tingkat pemahaman Wajib Pajak, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak dan lingkungan Wajib Pajak. Theory of Planned Behavior menjelaskan intensi terhadap perilaku Wajib Pajak yang dipengaruhi oleh tingkat pemahaman Wajib Pajak, kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak. Pengaruh lingkungan Wajib Pajak diidentifikasi dengan teori atribusi untuk menjelaskan perilaku Wajib Pajak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak tardaftar yang efektif sampai dengan Maret 2017 dan Wajib Pajak yang tidak terdaftar di KPP Pratama Blitar. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 Wajib Pajak yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan skala Likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Kelayakan instrument diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Statistics 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman Wajib Pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak untuk mengikuti Tax Amnesty, kualitas pelayanan fiskus tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak untuk mengikuti Tax Amnesty, sanksi pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak untuk mengikuti Tax Amnesty, dan lingkungan Wajib Pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak untuk mengikuti Tax Amnesty. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan terhadap peneliti selanjutnya yaitu memperluas lingkup penelitian untuk menganalisis perbandingan hasil diantara beberapa wilayah yang berbeda, menambah beberapa variabel bebas lainnya selain variabel yang digunakan dalam penelitian ini, ii meneliti kembali pengaruh variabel kualitas pelayanan fiskus dengan menggunakan metode yang berbeda, menggunakan teori-teori yang berbeda dari penelitian ini, serta menggunakan metode pengambilan sampel dan metode analisis data yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37529

Actions (login required)

View Item View Item