Pengaruh overconfidence, experience, dan emotion terhadap risk perception investor di Kota Malang / Rani Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh overconfidence, experience, dan emotion terhadap risk perception investor di Kota Malang / Rani Puspitasari

Puspitasari, Rani (2018) Pengaruh overconfidence, experience, dan emotion terhadap risk perception investor di Kota Malang / Rani Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspitasari Rani. 2017. Pengaruh Overconfidence Experience dan Emotion terhadap Risk Perception Investor di Kota Malang. Skripsi Jurusan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Satia Nur Maharani S.E. M.SA. Ak. Kata kunci Risk Perception Overconfidence Experience Emotion Theory of behavior finance menjelaskan bahwa suatu perilaku keuangan dapat dipicu salah satunya oleh faktor internal atau psikologi investor yang menghasilkan sebuah persepsi resiko. Faktor internal tersebut diantaranya terdapat 3 variabel yaitu overconfidence experience dan emotion. Pada penelitian ini hanya mengambil 3 variabel teori tersebut Hal ini dikarenakan overconfidence atau rasa percaya diri investor yang berlebihan dan emosi dalam berinvestasi merupakan faktor yang paling banyak mempengaruhi investor terhadap persepsi resiko. Selain itu faktor experience atau pengalaman juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi. Biasanya investor yang memiliki pengalaman lebih banyak dalam berinvestasi akan lebih memahami suatu resiko dan lebih berhati-hati saat mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris tentang overconfidence experience dan emotion terhadap risk perception investor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban kuesioner online maupun offline. Sampel penelitian ini ialah 85 investor yang tergabung dalam komunitas ISP (Investor Saham Pemula) Malang dan suatu sekuritas yaitu Valbury Asia Securities Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) overconfidence tidak berpengaruh terhadap risk perception investor (2) experience tidak berpengaruh terhadap risk perception investor dan (3) emotion tidak berpengaruh terhadap risk perception investor. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perilaku investor seperti overconfidence experience dan emotion bukan faktor utama yang mempengaruhi persepsi investor terhadap resiko banyak faktor lain yang dapat mendominasi seperti kondisi pasar keberuntungan ataupun faktor psychographic lainnya. Ketelitian dan selektif dalam mengambil keputusan investasi akan meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37515

Actions (login required)

View Item View Item