Pengaruh penerbitan surat tagihan pajak dan ekstensifikasi pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan periode 2015-2018 (studi kasus pada kantor Pelayanan Pajak Pratama malang Utara) / Amanda Eprindiasna

Eprindiasna, Amanda (2018) Pengaruh penerbitan surat tagihan pajak dan ekstensifikasi pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan periode 2015-2018 (studi kasus pada kantor Pelayanan Pajak Pratama malang Utara) / Amanda Eprindiasna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Eprindiasna, Amanda. 2018. Pengaruh Penerbitan Surat Tagihan Pajak dan Ekstensifikasi Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Periode 2015-2018 (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak Kata Kunci: Penerbitan Surat Tagihan Pajak, Ekstensifikasi Pajak, Penerimaan Pajak Penghasilan Penerimaan pajak memiliki peran yang sangat besar sebagai sumber utama penerimaan negara dalam menopang perekonomian Indonesia dengan kontribusi sebesar 70% dari seluruh aspek penerimaan negara. Saat ini, penyumbang terbesar dari penerimaan pajak adalah dari Pajak Penghasilan (PPh). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara variabel independen penerbitan Surat Tagihan Pajak dan Ekstensifikasi Pajak terhadap variabel dependen penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi serta Badan periode 2015-2018. Penelitian dilakukan di KPP Pratama Malang Utara dengan menggunakan sumber data sekunder. Penerbitan Surat Tagihan Pajak diukur dari jumlah Surat Tagihan Pajak yang diterbitkan setiap bulannya. Ekstensifikasi pajak diukur berdasarkan jumlah wajib pajak baru yang terdaftar melalui kegiatan Ekstensifikasi Pajak dan penerimaan Pajak Penghasilan diukur berdasarkan jumlah penerimaan Pajak Penghasilan yang terealisasi dalam periode tahun pajak berjalan. Sampel dalam penelitian ini adalah penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi serta Badan yang diterima dalam 36 bulan mulai dari Februari 2015 hingga Januari 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial penerbitan Surat Tagihan Pajak berpengaruh positif terhadap penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Ekstensifikasi Pajak tidak berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Surat Tagihan Pajak tidak berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Penghasilan Badan, dan Ekstensifikasi Pajak berpengaruh negatif terhadap penerimaan Pajak Penghasilan Badan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kuesioner dengan menggali program pajak yang dapat menarik wajib pajak orang pribadi dan badan untuk membayar pajak dengan melihat persepsi dari wajib pajak itu sendiri. Selain itu, KPP Pratama Malang Utara diharapkan lebih intensif dalam melakukan penyuluhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37513

Actions (login required)

View Item View Item