Pengaruh faktor perusahaan, kualitas audit, dan mekanisme good corporate governance terhadap opini audit going concern (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016) / Dian Qanita Ayustina

Ayustina, Dian Qanita (2018) Pengaruh faktor perusahaan, kualitas audit, dan mekanisme good corporate governance terhadap opini audit going concern (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016) / Dian Qanita Ayustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Qanita Ayustina, Dian. 2018. Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Audit, dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2016). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta S, S.E., M.M., Ak. CA. Kata Kunci : faktor perusahaan, kualitas audit, mekanisme good corporate governance, going concern Setiap entitas harus memiliki tujuan dalam berjalannya kegiatan perusahaan, terutama mengenai tujuan dalam mempertahankan kelangsungan hidup (going concern) perusahaan tersebut. Kelangsungan hidup usaha selalu dihubungkan dengan kemampuan manajemen dalam mengelola perusahaan agar dapat bertahan hidup. Going concern juga merupakan dalil yang mengasumsikan bahwa sebuah entitas tidak diharapkan akan dilikuidasi di masa depan atau bahwa entitas tersebut akan berlanjut sampai periode yang tidak dapat ditentukan. Para pemakai laporan keuangan merasa bahwa pengeluaran opini audit going concern ini sebagai prediksi kebangkrutan suatu perusahaan. Auditor harus bertanggung jawab atas opini audit going concern yang dikeluarkannya, karena akan mempengaruhi keputusan para pemakai laporan keuangan. Untuk sampai kesimpulan apakah perusahaan akan memiliki going concern atau tidak, auditor harus melakukan evaluasi secara kritis terhadap perencanaan yang dilakukan oleh pihak manajemen. Pada kenyataannya, masalah going concern merupakan hal yang kompleks dan akan selalu ada. Sehingga diperlukan faktor-faktor sebagai tolak ukur yang pasti untuk menentukan status going concern pada perusahaan, dan faktor-faktor tersebut harus diuji agar dalam keadaan ekonomi yang tidak tetap, status going concern tetap dapat diprediksi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor perusahaan, kualitas audit, dan mekanisme good corporate governance terhadap opini audit going concern. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun periode 2014-2016. Populasi penelitian ini sebanyak 148 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 25 yang dipilih dengan metode purposive sampling dengan periode pengamatan 3 (tiga) tahun dan diuji menggunakan SPSS versi 18. Metode yang dugunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel adalah metode regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress, kualitas audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan debt default berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37503

Actions (login required)

View Item View Item