Pengaruh Leverage, Kepemilikan Saham Publik dan Aktivitas Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2016 / Cindy Natalia

Natalia, Cindy (2018) Pengaruh Leverage, Kepemilikan Saham Publik dan Aktivitas Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2016 / Cindy Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Natalia, Cindy. 2018. Pengaruh Leverage, Kepemilikan Saham Publik dan Aktivitas Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H.Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Leverage, Kepemilikan Saham Publik, Aktivitas Perusahaan, Sustainability Report Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, kepemilikan saham publik dan aktivitas perusahaan terhadap luas pengungkapan sustainability report. Rasio leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER), kepemilikan saham publik diukur dengan presentase kepemilikan saham perusahaan oleh publik, dan rasio aktivitas perusahaan diukur menggunakan Fixed Assets Turnover (FATO). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016 dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 pengamatan yang terdiri dari 14 perusahaan manfuaktur dengan periode 4 tahun pengamatan dan diuji menggunakan SPSS versi 16. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji simultan (Uji F), uji signifikansi parameter individual (t-test) dan uji koefisien determinasi R Square. Hasil penelitian dengan menggunakan uji signifikansi parameter individual membuktikan bahwa leverage memiliki pengaruh positif signifikan terhadap luas pengungkapan sustainability report, sementara kepemilikan saham publik dan rasio aktivitas perusahaan tidak berpengaruh. Hasil pengujian secara simultan juga membuktikan bahwa sebanyak 33% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sementara 67% dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini dibatasi hanya pada perusahaan manfuaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016, untuk itu dalam rangka penyempurnaan penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas populasi dengan mempertimbangkan seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menambah tahun pengamatan. Penelitian selanjutnya terkait sustainability report juga disarankan untuk menggunakan teknik analisis selain regresi linier berganda, seperti teknik analisis faktor untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan antara berbagai indicator independen yang sedang diobservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37500

Actions (login required)

View Item View Item