Persepsi dan motivasi belajar mahasiswa perkuliahan dasar-dasar komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang semester gasal 2012/2013 / Dyah Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan motivasi belajar mahasiswa perkuliahan dasar-dasar komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang semester gasal 2012/2013 / Dyah Hidayah

Hidayah, Dyah (2012) Persepsi dan motivasi belajar mahasiswa perkuliahan dasar-dasar komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang semester gasal 2012/2013 / Dyah Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi motivasi belajar dasar-dasar komputer Persepsi merupakan suatu proses yang dimulai dari pengindraan hingga terbentuk tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga sadar akan segala sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Motivasi belajar adalah pemeranan motivasi dibidang pendidikan khususnya yang menyangkut proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan kinerja belajar yang optimal. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa dan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah subyek penelitian 90 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan persentase yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang persepsi dan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer jurusan TEP UM angkatan 2012. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer diperoleh rata-rata keseluruhan item instrument 85%. Sehingga dapat dikategorikan dengan keputusan bahwa persepsi mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer tersebut positif namun materi perkuliahan dasar-dasar komputer sulit dipahami dan tidak mudah dikuasai karena materi perkuliahan dipandang sangat kompleks. Motivasi belajar mahasiswa diperoleh rata-rata keseluruhan item instrument 81%. Sehingga dapat dikategorikan dengan keputusan bahwa motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer tersebut tinggi namun mahasiswa perlu lebih memotivasi dalam mengikuti perkuliahan dasar-dasar komputer. Dari penelitian ini dapat disimpulakan bahwa persepsi mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer dapat dikategorikan dengan keputusan positif Motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar komputer dapat dikategorikan dengan keputusan tinggi. Disarankan untuk mahasiswa agar selalu memiliki persepsi yang positif terhadap perkuliahan dasar-dasar komputer dan mahasiswa hendaknya dapat bersungguh-sungguh melaksanakan perkuliahan sebagai motivasi belajar untuk dapat meraih hasil belajar yang maksimal. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan tentang hubungan antara persepsi dan motivasi belajar mahasiwa dengan kinerja belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item