Hubungan antara keikutsertaan dalam program pengembangan dan kinerja profesional guru SMK negeri se-kota Malang / Rita Aprilianti Rukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keikutsertaan dalam program pengembangan dan kinerja profesional guru SMK negeri se-kota Malang / Rita Aprilianti Rukmana

Rukmana, Rita Aprilianti (2016) Hubungan antara keikutsertaan dalam program pengembangan dan kinerja profesional guru SMK negeri se-kota Malang / Rita Aprilianti Rukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rukmana Rita Aprilianti 2016. HubunganantaraKeikutsertaandalam Program PengembangandanKinerjaProfesional Guru SMK Negeri se-Kota Malang.Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd (II) Dr. H. A.Supriyanto M.Pd M.Si. Kata kunci keikutsertaandalam program pengembangan kinerjaprofesional guru SMK Negeri. Guru merupakanbagianpentingdalam proses belajarmengajar di jalurpendidikan formal. SetiapupayapeningkatankualitaspendididikandanmenghasilkanoutputSMK yang baik guru tidakdapatdilepaskandariberbagaihal yang berkaitandengantugasdantanggungjawabnya. Filosofisosialbudayadalampendidikan di Indonesia telahmenempatkanfungsidanperan guru sedemikianrupasehinggapara guru di Indonesia tidakjarangtelahdiposisikanmempunyaiperangandabahkan multi fungsi. Gurudituntuttidakhanyasebagaipendidik yang harusmampumentransformasikannilai-nilaiilmupengetahuan tetapisekaligussebagaipenjaga moral bagipesertadidik. Suatupekerjaanprofesional guru memerlukankemampuan keahlian dankompetensi yang dipersyaratkanuntukmelakukantugaspendidikandanpembelajaran. Pengembangan guru secaraberkesinambungandirasasemakinpentingmanfaatnyakarenatuntutanpekerjaan kemajuanteknologidanilmupengetahuan. Penelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahui (1) frekuensidankualitaskeikutsertaandalam program pengembangan guru (2) kualitaskinerjaprofesional guru (3) hubungankeikutsertaandalam program pengembangandengankinerjaprofeionalguru SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional. Populasipenelitianiniyaitu 604 guru PNS SMK Negeri se-Kota Malang danpenelitimengambilsampelmenggunakan formula Slovinsehinggamendapathasilsampelsebesar 234 guru. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahangket. Analisis yang digunakandenganmembuatdeskripsi menentukankorelasiantarvariabelmelaluirumusProduct Moment Pearson dandilanjutkanpengujianhipotesis. Berdasarkanhasilanalisis data diketahuikeikutsertaandalam program pengembanganmasukpadakategoriseringdenganpersentasesebesar 78 20% dankinerjaprofesionalmasukpadakategoricukupprofesionaldenganpersentase 59 40%. Korelasivariabelkeikutsertaandalam program pengembangandankinerjaprofesionaldengannilaikorelasi 0 366lebihbesardari0 113. Pengujianhipotesis yang diperolehmenolak H0danmenerima H1 yang diartikanmenerimaadanyahubunganantarvariabel. Kesimpulan yang diperoleh (1) frekuensikeikutsertaan guru SMKN se-Kota Malang dalam program pengembanganmasukdalamtingkatseringsedangkankualitaskeikutsertaanmasukpadakategorisedang. Tingkat seringberarti guru memilikiintensitas yang tinggidalammengikutikegiatan program pengembangan sedangkankualitassedangberarti guru cukupmemahamimateri kegiatanataupunpenugasandalam program pengembangan. (2) kualitaskinerjaprofesional guru SMKN se-Kota Malangtermasukdalamkategoricukupprofesional. Kategoricukupprofesionalmemilikimakna guru SMK Negeri se-Kota Malang mampumelakukankegiatanpembelajarandenganbaikmulaidariperencanaan program kegiatanpembelajaran pelaksanaankegiatanpembelajaran danevaluasiataupenilaianpembelajaran. Selainitu guru berartitelahmelakukansesuatusebagaipekerjaanpokoksebagaiprofesidanbukansebagaipengisiwaktu. (3) terdapathubungan yang signifikanantarakeikutsertaandalam program pengembangandankinerjaprofesional guru SMKN se-Kota Malang padakategorirendah. Saran diberikankepada (1) kepalasekolah membuatjadwalpengembangandanpengawasansecaraberkalauntukmempertahankanfrekuensikeikutsertaan guru mengikutikegiatan. Selainitukepalasekolahperlumenghimbau guru saatmengikuti program pengembangan agar lebihserius memperhatikandenganseksama danmengikutiacarasampaiselesaisehinggadapatmeningkatkankualitaspemahamandandapatmengimplementasikannya (2) Guru hendaknyamemilikikeinginan yang kuatdankesadarandaridalamdiriuntukmengikuti program pengembangandengansungguh-sungguh agar kualitaspemahamanmenjadimaksimaldandalammengimplementasikanhasildarikegiatandapatmemberikanpengaruh yang baikuntukpesertadidik (3)mahasiswaAdministrasipendidikan diharapkandapatdigunakansebagairujukandandilanjutkanuntukpenelitiandalamlingkupmanajemensumberdayamanusiakhususnyapeningkatankinerja guru ataupunpegawai di sekolahataupun di intansipendidikanlain dan (4) penelitilain dapatdilanjutkanuntukmenelitifaktor-faktor lain yang dimungkinkanmempengaruhivariabelkinerjaprofesional guru. Teknikmengukurkinerjaprofesionalmenggunakaninstrumen lain (selainangket) misalnyates portofolio observasi danpenilaiansejawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item