Pengaruh penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial (pada Middle dan Low manager Hawai Waterpark Malang) / Anindya Dwi Kartika

Kartika, Anindya Dwi (2018) Pengaruh penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial (pada Middle dan Low manager Hawai Waterpark Malang) / Anindya Dwi Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika, Anindya Dwi. 2018. Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial (Pada Low dan Middle Manager Hawai Waterpark Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : Dr. H. Eka Ananta Sidharta,S.E.,M.M.,CA Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Bertempat di Hawaii waterpark Malang yang merupakan penyedia wahana bermain air dan rekreasi yang populer di Jawa Timur. Metode penelitian menggunakan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dengan memberikan 40 kuisioner pada para middle dan low manajer di Hawai Waterpark untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akuntansi pertanggungjawaban dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerialnya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji regresi linier berganda ini dipilih untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi para manajer Hawaii waterpark dalam penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial Hawai Waterpark Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban tidak berpengaruh terhadap tingkat kinerja manajemen Hawai Waterpark. Ditunjukkan dari hasil analisis berganda dengan signifikansi 0,752 > 0,05, yang diukur dari 3 indikator, yaitu: (a) struktur organisasi, (b) anggaran dan (c) pelaporan biaya. Struktur organisasi di Hawai Waterpark dinilai responden masih belum baik bentuk dan fungsinya. Partisipasi anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial di Hawaii Waterpark Malang. Diperoleh angka signifkansi 0,000 < 0,05, menggambarkan bahwa poin ini dirasa lebih memiliki andil dalam hasil kerja para low dan middle manager sendiri. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah masih kurang spesifiknya pertanyaan dalam kuisioner mengenai kesungguhan responden dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, peneliti juga tidak bisa bertemu secara langsung dengan masing-masing responden saat proses pengisian lembar kuisioner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37485

Actions (login required)

View Item View Item