Perbedaan harga saham dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award (ARA) 2016 / Dwi Agustianto Ervanda

Ervanda, Dwi Agustianto (2018) Perbedaan harga saham dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award (ARA) 2016 / Dwi Agustianto Ervanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ervanda, Dwi Agustianto. 2018. Perbedaan Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Annual Report Award (ARA) 2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc. Kata Kunci: Pengumuman Annual Report Award, Harga Saham, dan Volume Perdagangan Saham. Annual Report Award merupakan penghargaan terhadap perusahaan-perusahaan yang telah menyelenggarakan laporan keuangan yang baik sebagai salah satu bentuk implementasi Good Corporate Governance dalam aspek transparansi dan kebebasan mendaptakan informasi. Salah satu informasi yang tersedia di publik mengenai Annual Report Award adalah kualitas laporan keuangan dan tata kelola perusahaan yang baik pada perusahaan perusahaan pemenang Annual Report Award. Kandungan informasi diuji dengan menggunakan harga saham dan volume perdagangan saham. Signalling theory tindakan yang diambil perusahaan atau apapun yang terjadi pada perusahaan akan memberikan petunjuk kepada investor dan merespon hal tersebut. Begitu juga dalam hipotesis pasar efisien yang menyatakan bahwa perubahan harga saham yang terjadi pada pasar mencerminkan seluruh informasi yang tersedia, sehingga jika informasi yang ada memiliki kandungan informasi yang sangat kuat maka pasar akan bereaksi pada informasi tersebut dipublikasikan, sehingga harga saham dan volume perdagangan saham akan mengalami perubahan yang disebabkan adanya fluktuasi permintaan dan penawaran saham di pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah terdapat perbedaan antara harga saham dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award pada perusahaan pemenang Annual Report Award tahun 2016. Sampel yang digunakan 12 perusahaan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bawa (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan anatara harga saham dan sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikanantara volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari penelitian ini, seperti: keadaan ekonomi makro, lemahnya kandungan informasi dari Annual Report Award, pengaruh kebijakan pemerintah, serta adanya peristiwa-peristiwa geopolitik global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37480

Actions (login required)

View Item View Item