Tindakan kepala madrasah sebagai agent of change dalam meningkatkan mutu madrasah (studi kasus di MAN 2 Tulungagung) / Dewi Komala Fitria Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindakan kepala madrasah sebagai agent of change dalam meningkatkan mutu madrasah (studi kasus di MAN 2 Tulungagung) / Dewi Komala Fitria Cahyani

Cahyani, Dewi Komala Fitria (2016) Tindakan kepala madrasah sebagai agent of change dalam meningkatkan mutu madrasah (studi kasus di MAN 2 Tulungagung) / Dewi Komala Fitria Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Dewi Komala Fitria. 2016. Tindakan Kepala Madrasahsebagai Agent of Change dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd. M.Si (II)Prof. Dr. H. M. Huda A.Y. M.Pd. Kata kunci tindakan kepala madrasah agent of change mutu madrasah Sistem pendidikan dibangun untuk terus meningatkan mutu atau kualitas di setiap madrasah peningkatan mutu tersebut pastilah tidak akan maksimal tanpa adanya peran dan tindakan seorang pemimpin yang mampu melaksanakan tugas-tugasnya sekaligus dapat berperan sebagai agen perubahan (agent of change) di suatu lembaga yang dipimpin.Uraian tersebut menggambarkan alasan pemilihan topik penelitian ini sebagai bahan kajian melalui metode penelitian ilmiah terkait dengan tindakan apa yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai agen perubahan (agent of change) dalam melakukan perubahan dan peningkatan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tulungagung. Fokus penelitian yaitu (1) perubahan yang terjadi (2) tahap perubahan yang dilakukan kepala madrasah (3) tindakan kepala madrasah dalam melakukan perubahan (4) hambatan yang terjadi dalam melakukan perubahan dan (5) cara mengatasi hambatan-hambatan dalam melakukan perubahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data yang melakukan sendiri teknik-teknik pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini dengan metode observasi pasif wawancara dan analisis dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) derajat kepercayaan (credibility) (2) keteralihan (transferability) (3) ketergantungan (dependability) (4) kepastian (confirmability) dan (5) Triangulasi. Peneliti melakukan analisis data dengan sistematik yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tindakan kepala madrasah sebagai agent of change dalam meningkatkan mutu madrasah adalah (1) perubahan yang terjadi yaitu (a) penambahan visi (b) perubahan aturan menggunakan seragam baik untuk guru dan siswa (c)peningkatan nilai Ujian Nasional (UN) dari Tahun 2012/2013 hingga tahun 2015/2016 (d)outcome yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak hanya dalam Regional Jawa Timur sudah hampir seluruh pulau Jawa seperti ITB IPB dan UGM (e) peningkatan prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler mulai tingkat kota propinsi hingga nasional dan (f) perubahan dari segi fisik/bangunan madrasah yang terus meningkat dan penambahan fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar siswa (2) tahap perubahan yang dilakukan kepala madrasah yaitu (a) perencanaan sistem (b) komitmen/implementasi sistem dan (c) evaluasi (3) tindakan kepala madrasah dalam melakukan perubahan yaitu performan profesional dan prosedural (4) hambatan yang terjadi dalam melakukan perubahan yaitu (a) 10% tidak setuju dengan adanya perubahan (b) 80% tidak setuju pada perubahan tertentu saja dan (c) 10% setuju dengan adanya perubahan hambatan dari luar terkadang dari masyarakat sekitar dan antar lembaga/instansi lain dan hambatan dari dalam adalah personil madrasah seperti guru/staf yang teledor (5) cara mengatasi hambatan-hambatan dalam melakukan perubahan yaitu (a) melakukan pendekatan dengan selalu mengajak sharing (b) menghargai setiap pendapat mereka agar merasa dibutuhkan (c) sering melakukan pendekatan dengan komunikasi yang baik (d) mengadakan rapat pimpinan setiap hari sabtu dan (e)mengadakan rapat insidental setiap dua minggu sekali. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan (1) Sebagai agent of change kepala madrasah harus lebih telaten dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan dan mempraktekkan strategi-strategi yang telah dilakukan demi untuk memperkecil hambatan yang ada (2) Bagi Ketua Jurusan dan Dosen Administrasi pendidikan FIP UM diharapkan mengkaji lebih dalam terkait teori-teori manajemen perubahan dengan cara memberikan pengetahuan yang mendalam kepada lembaga-lembaga pendidikan karena pengetahuan tentang manajemen perubahan tersebut sangat bermanfaat demi meningkatkan mutu suatu lembaga (3) Bagi Peneliti lain disarankan agar melakukan tindak lanjut dari penelitian ini berupa melakukan penelitian tindakan dengan mencari tindakan dan tahapan lain yang lebih efektif dalam melakukan suatu perubahan di lembaga pendidikan (4) Bagi mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan untuk pembuatan karya tulis ilmiah khususnya bidang kepemimpinan kepala madrasah dan mutu pendidikan yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item