Pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, likuiditas dan struktur aset terhadap kebijakan hutang pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 / Ulfa Febi Damayanti

Damayanti, Ulfa Febi (2018) Pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, likuiditas dan struktur aset terhadap kebijakan hutang pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 / Ulfa Febi Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Damayanti Ulfa. F. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan Risiko Bisnis Likuiditas dan Struktur Aset terhadap Kebijakan Hutang (pada perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2013-2016). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak CA. Kata Kunci Ukuran Perusahaan Risiko Bisnis Likuiditas Struktur Aset Kebijakan Hutang Pendanaan adalah permasalahan dasar dari manajemen keuangan suatu perusahaan. Keputusan untuk memilih sumber dana tersebut merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena keputusan tersebut akan berpengaruh terhadap risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan dan pemberian kredit oleh pihak kreditor karena masing-masing dari sumber dana tersebut mempunyai konsekuensi financial yang berbeda-beda. Sumber dana yang diutamakan apabila dana internal tidak mencukupi adalah sumber dana yang berasal dari hutang karena risiko hutang lebih kecil dibandingkan dengan penerbitan saham baru. Akan tetapi risiko akibat menggunakan hutang juga dapat meningkat apabila penggunaan hutang telah melebihi batas maksimal karena adanya beban bunga yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris adanya pengaruh dari Ukuran Perusahaan Risiko Bisnis Likuiditas dan Struktur Aset terhadap Kebijakan Hutang sesuai dengan teori Pecking Order dan teori Trade Off pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2013 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atau individu hanya variabel ukuran perusahaan yang tidak berpengaruh sedangkan variabel risiko bisnis likuiditas dan struktur aset berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Saran yang dapat diberikan untuk penelititan selanjutnya adalah menambahkan atau menggunakan variabel independen selain dalam penelitian ini serta menggunakan ukuran yang berbeda agar memberikan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37478

Actions (login required)

View Item View Item