Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dan manajemen laba (studi pada perusahaan LQ-45 tahun 2014-2016) / Paula Sampdoria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dan manajemen laba (studi pada perusahaan LQ-45 tahun 2014-2016) / Paula Sampdoria

Sampdoria, Paula (2018) Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dan manajemen laba (studi pada perusahaan LQ-45 tahun 2014-2016) / Paula Sampdoria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sampdoria Paula. 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengungkapan CSR dan Manajemen laba. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. C.A. Kata kunci Profitabilitas Corporate Social Responsibility Manajemen Laba Penelitian ini dibuat untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dan manajemen laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris terkait pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan CSR dan pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap manajemen laba. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 perusahaan yang secara berturut-turut masuk dalam Indeks LQ-45 sejak tahun 2014-2016 (periode Februari dan Agustus) serta mempublikasikan sustainability report secara konsisten. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis 1 dan hipotesis 2. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa profitabilitas perusahaan tidak memiliki pengaruh sigifikan terhadap. pengungkapan CSR karena tingginya nilai profitabilitas perusahaan belum tentu membuat perusahaan tersebut mengungkapkan CSR dengan lebih banyak pula. Karena ketika perusahaan memilki profitabilitas yang tinggi manajemen tidak perlu melaporkan hal-hal yang dapat mengganggu informasi tentang suksesnya keuangan perusahaan atau tidak perlu mencari dukungan kepada stakeholder sebaliknya pada saat tingkat profitabilitas rendah mereka berharap para stakeholder akan membaca kabar baik dari manajemen perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya data dari PT. Telekomunikasi Indonesia dimana nilai ROE-nya mengalami peningkatan selama tiga tahun yakni 25% 26% dan 28% namun nilai pengungkapan CSR-nya justru semakin menurun yakni masing-masing 35% 28% dan 25%. Namun sebaliknya PT. Adhi Karya Tbk nilai ROE-nya mengalami penurunan yang signifikan tahun 2014-2016 yakni masing-masing 19% 9% dan 6% namun nilai pengungkapan CSR-nya justru semakin meningkat signifikan masing-masing sebesar 67% ii 69% dan 70%. Teori ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Aras et al (2010) Sembiring (2005) Patten (1991) Hackston dan Milne (1996) bahwa ROE tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap CSR dimana semakin tinggi profitabilitas perusahaan pengungkapan CSR-nya justru semakin dikurangi serta Sedangkan pada hipotesis yang kedua profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba karena semakin besar tingkat profitabilitas perusahaan maka semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk mengalami penurunan profitabilitas di masa yang akan datang sehingga hal ini juga dapat menyebabkan semakin besar perusahaan mengalami fluktuasi pendapatan yang berdampak pada ketidakstabilan perusahaan dalam memperoleh pendapatan sehingga semakin besar profitabilitas perusahaan maka semakin besar manajer perusahaan melakukan praktik manajemen laba untuk menjaga kestabilan perusahaan dalam rangka pengambilan kebijakan . Teori ini didukung oleh penelitian milik (Ulya 2015) dan Cahyani (2012) yang menjelaskan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap praktik manajemen laba dimana semakin besar profitabilitas maka semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut karena tingkat pengembalian atas investasinya juga semakin besar. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jangka waktu penelitian untuk mendapatkan jumlah sampel yang lebih banyak sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat serta menggunakan teknik pengukuran CSR yang lain karena pengungkapan CSR yang diukur dengan indeks GRI 4.0 dinyatakan tidak dipengaruhi oleh profitabilitas. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37473

Actions (login required)

View Item View Item