Ginasari, Okti (2016) Hubungan layanan perpustakaan dan minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Okti Ginasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ginasari Okti. 2016. Hubungan Layanan Perpustakaan dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. (II) Teguh Triwiyan-to S.Pd. M.Pd. Kata kunci layanan perpustakaan minat baca prestasi belajar mahasiswa Layanan perpustakaan dan minat baca diprediksisecara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kualitas layanan perpustakaa-nyang baik akan memberikan kesan yang positif terhadap instansi yang bersangkutan. Pada gilirannya kualitas kondisi ini mempengaruhi tingkat minat baca dan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar mahasiswa khususnya yang menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kualitas layanan perpustakaan di Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan tingginya minat baca mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM (3) mendeskripsikan tingginya prestasi belajar mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM (4) mendeskripsikan hubungan antara layanan perpustakaan denganprestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (5) mendeskripsikan hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dan(6) mendeskripsikan hubunganlayanan perpustakaan dan minat bacadenganprestasi belajar mahasiswa Jurusan Admini-strasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis yang dikem-bangkan menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Pengum pulan data dila-kukan dengan teknik angket tertutup. Adapun analisis data menggunakananalisis korelasiuntuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya hubungan yang signifi-kan dan besaranya korelasi antara dua variabel independen dengan satu variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan (1) layanan perpustakaan UM termasuk dalam kategori cukup (2) minat baca mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM termasuk dalam kategori tinggi (3) prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM termasuk dalam kategori sangat tinggi (4) pengujian hipotesis menunjukkan pertama secara bersama-samakedua variable independen tersebut berhubungan kuatdengan variable dependen dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara layanan perpustakaan dan minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM (5) tidak terdapat korelasi antara variabel layanan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswaJurusan Administrasi Pendidikan FIP UM dan (6)terdapat korelasi yang rendah dan menuju arah positif antara variabel minat baca denganprestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara layanan perpustakaan dan minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada (1) perpustakaan Universitas Negeri Malang diharapkan layanan yang diberikan kepada mahasiswa lebih ditingkatkan seperti pegawai perpustakaan hendak bersikap ramah terhadap pengunjungperpustakaan/mahasiswa serta peningkatan layanan ruang baca sepertipenyediaan internet gratis dengan koneksi cepat di perpustakaan seyogyanya perlu diberikan kepada mahasiswa karena secara langsung mahasiswa dapat dengan mudah mengakses berbagai macam rujukan belajar selain bahan pustaka (2) bagi Dekan FIP diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kebijakan tentang kunjungan perpustakaan untuk meningkatkan aktivitas minat baca mahasiswa yang dapat dibahas dalam rapat bersama dengan rektor (3) bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mampu dan mau men-ciptakan cara belajar aktif sehingga perpustakaan dapat berfungsi dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam pembelajaran secara efektif dan efi-sien karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM (4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidi-kan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk mengembangkan manajemen perpustakaan guna memperkaya sumber referensi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM dan (5) peneliti lain bahwasannya hasil penelitian ini hanya meneliti hasil belajar mahasiswa pada semester yang terbaru saja. Hendaknya peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti hasil belajar sebelum mahasiswa tersebut berkuliah agar dapat memberikan gambaran kemampuan akademik mahasiswa tersebut sebelum masuk perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |