Anggini, Septilia Woro (2018) Pengaruh psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa S1 Program Pendidikan Akuntansi FE UM / Septilia Woro Anggini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Anggini Septilia Woro. 2018. Pengaruh Psychological Capital dan Kajian Praktik Lapangan terhadap Motivasi Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Psychological Capital Kajian Praktik Lapangan (KPL) Motivasi Menjadi Guru Motivasi menjadi guru adalah suatu dorongan dan rasa ingin tahu dalam diri individu terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan pemusatan pikiran perasaan kemauan atau perhatian yang lebih dalam mewujudkan keinginannya untuk menjadi seorang guru. Faktor yang mempengaruhi motivasi menjadi guru pada penelitian ini antara lain psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL). Motivasi menjadi guru pada mahasiwa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 tergolong cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa kependidikan yang menjadikan pendidikan akuntansi sebagai pelihan kedua saat mendaftar di perguruan tinggi. Selain itu banyak mahasiswa jurusan kependidikan tersebut setelah lulus kuliah berpindah jalur pekerjaan di bidang lain selain dunia pendidikan. Hal ini disebabkan karena adanya peluang bagi setiap mahasiswa untuk memilih pekerjaan dibidang nonkependidikan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 144 dengan sampel berjumlah 106 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Keterbatasan dalam penelitian ini berupa kurangnya pertanyaan dalam menggambarkan indikator variabel dan subjek penelitian hanya pada satu Program Studi Kependidikan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah soal pertanyaan pada angket memperluas subjek penelitian dan menggunakan teknik observasi secara langsung dalam pengumpulan data.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/37469 |
Actions (login required)
View Item |