Penilaian dan pelaporan aset biologis perkebunan pada tanaman kopi 9studi kasus PTPN XII Kalisat Jampit Kabupaten Bondowoso) / Meli Sofianti Karmila

Karmila, Meli Sofianti (2018) Penilaian dan pelaporan aset biologis perkebunan pada tanaman kopi 9studi kasus PTPN XII Kalisat Jampit Kabupaten Bondowoso) / Meli Sofianti Karmila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Karmila, Meli sofianti. 2018. Penilaian Dan Pelaporan Aset Biologis tanaman kopi (studi kasus PTPN XII Kebun Kalisat Jampit). Skripsi. Akuntansi, Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Sulastri, S. Pd., M.SA. Kata Kunci : Aset biologis, Tanaman Kopi, Penilaian, Historical cost, Fair Value Accounting. Aset biologis merupakan aset yang tergolong dalam aset tetap perusahaan dibidang agrikultur. Perkebunan adalah perusahaan agrikultur yang aset utamanya adalah aset biologis tanaman kopi. Tanaman kopi adalah aset biologis yang mengalami transformasi selama pertumbuhannya dan memiliki umur ekonomis 40 tahun. Pengeluaran biaya-biaya selama proses pemrolehan aset tersebut menjadi perdebatan yang kompleks dikarenakan pengeluaran biaya jangka panjang. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai penilaian aset biologis tanaman kopi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan mencakup penilaian aset diantaranya penentuan harga perolehan, penyusutan dan revaluasi terhadap tanaman kopi. Hasil akhir pelaporan aset tanaman kopi. Penilaian aset dapat dihitung melalui dua metode yaitu historical cost dan fair value accounting menjadi perdebatan yang panjang mana yang lebih baik digunakan dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari proses wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan temuan dilakukan triangulasi sumber terhadap data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut, pertama Penilaian Aset Biologis Tanaman Kopi terdiri dari beberapa hal yaitu penentuan harga perolehan dan revaluasi terhadap aset. Penilaian menggunakan dua metode yaitu historical cost dan fair value accounting. Penggunaan historical cost digunakan pada penentuan besarnya nilai harga perolehan tanaman kopi dengan mengakumulasikan total biaya yang menjadi harga perolehan. Fair Value Accounting hanya pada penentuan harga produk kopi dan pada saat revaluasi untuk mengakui kerugian ketika aset kopi akan didongkel. Harga produk kopi didasarkan pada harga pasar aktif yang berlaku saat kopi tersebut siap untuk dijual. Kedua, sistem pelaporan aset dilakukan dengan cara membedakan aset menjadi aset tahunan yang terdiri dari tanaman menghasilkan dan tanaman belum menghasilkan. Laporan tersebut tertuang dalam laporan manajemen perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37455

Actions (login required)

View Item View Item