Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi (pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016) / Septia Widareni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi (pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016) / Septia Widareni

Widareni, Septia (2018) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi (pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016) / Septia Widareni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widareni Septia. 2017. Pengaruh Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 2016. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Nurika Restuningdiah S.E. M.Si Ak. CA. Kata kunci Kepemilikan Manajerial Nilai Perusahaan CSR Setiap perusahaan memiliki tujuan dalam membangun perusahaannya untuk semakin berkembang. Salah satu tujuannya adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan karena dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham. Dalam memaksimalkan nilai perusahaan akan muncul konflik kepentingan antara manajer dan pemegang saham (pemilik perusahaan) yang sering disebut masalah keagenan. Adanya kepemilikan manajemen akan menimbulkan suatu pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh manajemen perusahaan. Ketika terjadi perbedaan kepentingan anatar manajer dan investor maka disini sama-sama mengharapkan nilai perusahaan yang tinggi maka akan mendapatkan dividen yang tinggi pula. Adanya pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dan 2) pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012 2016 sebesar 65 perusahaan per tahun.Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 13 per tahun. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 945 0 05. Hasil penelitian dengan regresi linier berganda menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode Uji Interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan sehingga tidak mampu meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37452

Actions (login required)

View Item View Item