Memaknai tata kelola keuangan pesantren (di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang) / NiÔÇÖmatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Memaknai tata kelola keuangan pesantren (di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang) / NiÔÇÖmatur Rohmah

Rohmah, NiÔÇÖmatur (2018) Memaknai tata kelola keuangan pesantren (di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang) / NiÔÇÖmatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Ni matur. 2017. Memaknai Tata Kelola Keuangan Pesantren (di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci pesantren tata kelola karakter pengelola keuangan. Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (LTPLM) merupakan pesantren khusus untuk mahasiswadanpengurusnyaadalahsantrisendiri. LTPLM merupakanentitasnirlaba yang dimanakarakteristiknyaadalahtidakmencarikeuntungan.Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam dunia perusahaan maupun sektor publik sudahbanyak dilakukanuntukmenarikminatpara investordanmenghindaridarilikuidisi. Selain bagi perusahaan GCG juga dapat diadaptasi oleh oganisasi nirlaba termasuk pesantren dengan beberapa penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pesantren dalam menciptakan karakter pengelola keuangan LTPLM sertauntuk mengetahui pengurus pengelola keuangan pesantren memahami karakter yang harus dimiliki dalam mengelola keuangan LTPLM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan instrumen penelitian dengan wawancara secara mendalam oleh peneliti kepada seluruh informan. Penelitian ini berlokasi di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Sumber data penelitian ini adalah keluarga ndalem ketua putri bendahara umum dan bendahara putri departemen takmir masjid serta santri LTPLM. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwatatakelolaLTPLM terbentukdaribudayapesantren LTPLM. Tata kelola pesantren LTPLM terdapat tiga nilai yaitu nilai ta dzim nilai mauidhoh khasanah dan kajian nilai kitab kuning. Tata kelola pesantren LTPLM tersebut menyadarkan pengelola keuangan yang berasal dari pengurus majelis santri untuk memiliki empat karakter yaitu amanah shiddiq ashobruljamil dan wara dalam mengelola keuangan pesantren. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan keluarga ndalem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37451

Actions (login required)

View Item View Item