Pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan melalui agency cost (studi pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015) / Riska Puji Kurniawati

Kurniawati, Riska Puji (2018) Pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan melalui agency cost (studi pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015) / Riska Puji Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Riska Puji. 2018. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan melalui Agency Cost. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. Kata Kunci: kebijakan dividen, nilai perusahaan, agency cost. Dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan dapat dicapai melalui kebijakan manajemen keuangan, salah satunya yaitu kebijakan dividen. Penelitian mengenai pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pernah dilakukan oleh beberapa peneliti terdahulu, namun masih terdapat hasil yang inkonsisten. Berdasarkan inkonsistensi hasil penelitian tersebut, peneliti menduga adanya variabel lain sebagai mediator di antara kebijakan dividen dan nilai perusahaan. Menurut argumen agency theory dari segi kebijakan dividen menyimpulkan bahwa kebijakan dividen diprediksi berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui agency cost. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah agency cost memediasi pengaruh kebijakan dividen terhdadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan unit analisis tahun sehingga diperoleh 102 sampel. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Sobel dan prosedur Baron & Kenny. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agency cost tidak memediasi pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Hal ini disebabkan oleh agency cost yang tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, walaupun kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap agency cost. Nilai perusahaan diduga lebih ditentukan oleh profitabilitas perusahaan. Hasil ini tidak sesuai dengan hasil argumen teori keagenan. Dengan demikian pengaruh tidak langsung kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan melalui agency cost masih perlu diuji lebih lanjut. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah objek penelitian hanya pada indeks LQ45, periode penelitian hanya selama tiga tahun, dan menggunakan satu proksi untuk agency cost. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dengan memperpanjang rentang waktu, memperluas jumlah sampel penelitian, menggunakan proksi lain untuk variabel agency cost, serta menggunakan variabel dependen lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37447

Actions (login required)

View Item View Item