Peningkatan perilaku disiplin peserta didik melalui layanan Credit Point System (CPS) (studi kasus di SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang) / Erika Mei Budiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan perilaku disiplin peserta didik melalui layanan Credit Point System (CPS) (studi kasus di SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang) / Erika Mei Budiarti

Budiarti, Erika Mei (2016) Peningkatan perilaku disiplin peserta didik melalui layanan Credit Point System (CPS) (studi kasus di SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang) / Erika Mei Budiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiarti Erika Mei. 2016.Peningkatan Perilaku Disiplin Peserta Didik Melalui Layanan Credit Point System (CPS) (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II)Dra. DjumDjum Noor Benty M.Pd. Kata kunci credit point system poin dan disiplin. Lembagapendidikanharuslebihaktiflagidalammelakukanpembinaankedisiplinanpesertadidikdalamrangkamempersiapkankehidupan yang lebihteraturbagipesertadidiknya di masamendatang. Untuk memasuki jenjangpendidikan yang selanjutnya perluadanyakesinambunganfungsiantarailmupengetahuansecarateoritisdenganilmukepribadaian (karakter). LulusanSMP Negeri 1 PerakKabupatenJombangsangatmemerlukan keseimbangan dan keserasian antara pengetahuan teori dengan ilmukepribadian (karakter) salahsatunyakarakterkedisiplinan. Sehingga salah satu strategi pembinaanperilakudisiplinpesertadidik yang dilakukanoleh SMP Negeri 1 Perak KabupatenJombangyaitumelaluilayananCredit Point System (CPS).Bekerja sama dengan berbagai komponensekolahharusdilaksanakansecermatmungkin agar pelaksanaansisteminidapatberjalansesuaitujuanyaitumeningkatkanperilakudisiplinpesertadidik di SMP Negeri 1 PerakKabupatenJombang. Fokus penelitian ini adalah (1) komponen pelaksanaan CPS (2) proses pelaksanaan CPS (3) faktor pendukung pelaksanaan CPS (4) faktor penghambat pelaksanaan CPS dan (5) solusi untuk mengatasi hambatan pelaksanaan CPS. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasusdi SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti di lapangan dan peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data menganalisis data dan melaporkan hasil penelitian. Pengumpulan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Data yang telah dianalisis kemudian dicek keabsahannya dengan menguji empat kriteria yaitu derajat kepercayaan/kredibitilas keteralihan ketergantungan dan kepastian. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1)komponen CPS untukmeningkatkanperilakudisiplinpesertadidikmeliputiduakomponenyaitu (a) jenispelanggarantatatertibdan(b) sanksi (2) proses pelaksanaan CPS untukmeningkatkanperilakudisiplinpesertadidikmeliputi beberapa kegiatan yaitu (a) kegiatan sosialisasi pelaksanaan CPS kepada calon peserta didik dan calon orangtua peserta didik pada saat PPDB (b) orangtua peserta didik dan peserta didik menandatangani surat pernyataan kesediaan melaksanakan CPS (c) tim ketertiban menemukan pelanggaran yang terjadi yaitu mengetahui secara langsung dan adanya laporan dari berbagai pihak (d)tim ketertiban memproses pelanggaran yang terjadi (e) sekolah melaksanakan kegiatan evaluasi yaitu evaluasi pelaksanaan CPS dan evaluasi keefektifan sistem (f) sekolah memproses hasil atau outputkepada orangtua peserta didik saat rapat pembagian rapot (3) faktor pendukung pelaksanaan CPS berasal dari empat pihak yaitu (a)perilaku diri peserta didik akan bersikap disiplin (b) peran serta semua guru dalam mengawasi pelanggaran yang terjadi (c) adanya respon positif dari orangtua peserta didik (d) adanya peran serta dari masyarakat setempat untuk memberikan laporan apabila mengetahui adanya pelanggaran (4) faktor penghambat pelaksanaan CPS berasal dari tiga faktor yaitu (a) sikap tertutup peserta didik manakala pelanggaran terjadi dikarenakan sikap malu atau takut kepada tim ketertiban (b) kesulitan guru dalam membagi waktu yaitu guru tersebut sekaligus menjabat sebagai anggota tim ketertiban (c) dan munculnya respon negatif dari orangtua peserta didik manakala pelanggaran terjadi dikarenakan peserta didik ketika di rumah berperilaku baik dan sopan (5) sekolah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan CPS yaitu melalui (a) pendekatan guru kepada peserta didik (b) memberikan surat panggilan berulang-ulang kepada orangtua peserta didik yang bersikap acuh karena beberapa orangtua peserta didik cenderung mengabaikan panggilan dari sekolah (c) pihak sekolah memberikan penjelasan pelanggaran dengan sikap yang ramah dan penuh kesabaran (d) serta tim ketertiban harus memberikan tugas tambahan di kelas ketika tim ketertiban harus meninggalkan jam tatap muka di kelas. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini dapat disarankan bagi (1) KepalaSMPN 1 Perak yaitukegiatanevaluasisistemsetiaptahunharusdiagendakansecaralebihmatangolehpihaksekolah. Bahkanapabiladiperlukan evaluasipelaksanaansistembisadilakukandua kali dalamsatutahunajaran yaitusetiap semester. Hal ini agar kendala-kendala yang dihadapiolehtimketertibandalammenanganikasuspelanggaranpesertadidikbisasecaralangsungdiatasi. (2) WakaKesiswaan Tim Ketertiban dan Guru BK SMPN 1 Perak yaitumembuatvariasipelaksanaan CPS denganmengupayakanadanyakerjasamadenganpihakkepolisiansetempatsecararutindalamrangkamemberikanpelatihankedisiplinankepadapesertadidikdalambeberapabentukkegiatan agar semangatpesertadidiklebihhiduplagi. (3) KetuaJurusanAdministrasiPendidikan diharapkan agar jurusandapatlebihluaslagidalammengkajitentangmanajemenpesertadidik di sekolah khususnyaberkaitandenganmanajemensikapdanperilakubukanhanyaterkaitmanajemenproseduralpesertadidikselamamenjadisiswa di suatusekolah. (4) Peneliti Lain yaitu berdasarkannilaipentingnyasikapdanperilakukhususnyasikapdisiplinpesertadidik di sekolah disarankankepadapeneliti yang akandatanguntukmenyempurnakanteorihasilpenelitian yang telahditemukan sehinggadiharapkandapatmenambahdanmengembangkankajianilmiahutamanyatentangmanajemenpesertadidikyang telahadadalampenelitianinisertadapatdijadikanmasukanbarubagikelanjutanpenelitian di masa yang akandatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item View Item