Hubungan antara keikutsertaan dalam kegiatan pramuka dan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri se-kecamatan Klojen Kota Malang / Maya Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keikutsertaan dalam kegiatan pramuka dan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri se-kecamatan Klojen Kota Malang / Maya Kurniasari

Kurniasari, Maya (2016) Hubungan antara keikutsertaan dalam kegiatan pramuka dan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri se-kecamatan Klojen Kota Malang / Maya Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniasari Maya. 2016. Hubungan Antara Keikutsertaan dalam Kegiatan Pramuka dan Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si (II) Teguh Triwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keikutsertaan kegiatan pramuka pembentukan karakter Nilai-nilai karakter bangsa Indonesia pada era yang serba modern saat ini semakin lama semakin memudar. Apabila hal seperti ini terus dibiarkan dan tidak segera diatasi maka semakin lama moral bangsa Indonesia akan semakin rusak sedangkan seperti yang diketahui bahwa remaja merupakan generasi penerus bangsa. Apabila moral generasi penerus bangsa semakin rusak maka bangsa Indonesia akan mengalami kehancuran. Oleh karena itu diperlukan suatu wadah untuk menanamkan nilai-nilai karakter supaya karakter positif pada peserta didik dapat terbentuk dengan baik. Kegiatan Pramuka merupakan salah satu wadah untuk menanamkan nilai-nilai karakter disamping pendidikan karakter yang diperoleh peserta didik di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Keikutsertaan dalam hal ini keaktifan peserta didik dalam kegiatan Pramuka diharapkan mampu untuk membentuk karakter-karakter baik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan Pramuka (2) mendeskripsikan tingkat pembentukan karakter peserta didik dalam kegiatan Pramuka dan (3) mengetahui adakah hubungan antara keikutsertaan dalam kegiatan Pramuka dan pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling yakni teknik pengambilan sampel yang menggabungkan antara teknik berstrata proporsi dan acak sehingga diperoleh jumlah sampel sejumlah 369 peserta didik. Kemudian analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment Pearson untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan dalam kegiatan Pramuka dan pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat keikutsertaan dalam kegiatan Pramuka peserta didik kelas VII dan VIII di SMPN se-Kecamatan Klojen Kota Malang berada pada kategori sedang yaitu dengan presentase sebesar 59 6% dengan jumlah 220 peserta didik (2) tingkat pembentukan karakter peserta didik kelas VII dan VIII di SMPN se-Kecamatan Klojen Kota Malang berada pada kategori tinggi yaitu dengan persentase sebesar 73 4% dengan jumlah 271 peserta didik dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keikutsertaan dalam kegiatan Pramuka dan pembentukan karakter peserta didik di SMPN se-Kecamatan Klojen Kota Malang dengan kategori sedang yaitu dengan rhitung lebih besar dari pada rtabel (atau 0 578 0 098). Saran dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Kepala sekolah hendaknya selalu menyarankan kepada pembina Pramuka untuk selalu mengikutsertakan peserta didik dalam setiap kegiatan lomba Pramuka baik itu lomba yang diadakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka maupun lomba Pramuka pada tingkat provinsi dan nasional. (2) guru sebagai pembina Pramuka sebaiknya lebih memperkuat materi atau keterampilan Pramuka mengenai pendidikan karakter yang disampaikan kepada peserta didik khususnya materi mengenai karakter kreatif rasa ingin tahu dan gemar membaca. Selain itu guru sebaiknya lebih sering mengadakan kegiatan Pramuka di luar ruangan misalnya seperti kemah supaya peserta didik tidak cepat merasa bosan ketika mengikuti kegiatan Pramuka (3) Peserta didik sebagai obyek utama dalam kegiatan Pramuka hendaknya mengikuti kegiatan Pramuka dengan sepenuh hati sehingga ilmu keterampilan serta pengalaman yang diajarkan dalam kegiatan Pramuka dapat dipahami secara menyeluruh dan (4) Peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan perbandingan untuk melakukan penelitian selanjutnya pada level atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu peneliti lain juga dapat mengembangkan penelitian ini yaitu dengan lebih memfokuskan pada daya tarik peserta didik dalam mengikuti kegiatan Pramuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3742

Actions (login required)

View Item View Item