Perbandingan kinerja keuangan perusahaan prospektor dan defender pada perusahaan manufaktur di BEI pada tahun 2013-2015 / Rizkiana Mei Arofah

Arofah, Rizkiana Mei (2018) Perbandingan kinerja keuangan perusahaan prospektor dan defender pada perusahaan manufaktur di BEI pada tahun 2013-2015 / Rizkiana Mei Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mei,Rizkiana. 2017. Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Prospektor dan Defender pada Perusahaan Manufaktur di BEI pada Tahun 2013- 2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak . CA. Kata kunci : Prospektor, defender, kinerja keuangan, pertumbuhan penjualan, pertumbuhan laba, return on sales. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kinerja keuangan antara perusahaan prospektor dan defender pada tahun 2013-2015. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan 3 (tiga) variabel yaitu, Pertumbuhan penjualan (PP), Pertumbuhan laba (PL) , dan Return on sales (ROS). Seleksi perusahaan prospektor dan defender menggunakan 3 (tiga) variabel kontrol yaitu, rasio jumlah karyawan terhadap total penjualan (EMPSAL), Price book value (PBV), rasio capital expenditure terhadap total aset (CAPTA). Ketiga proksi tersebut dianalisis menggunakan Discriminant. Pendektan life cycle theory digunakan untuk menganalisis perbedaan kinerja akuntansi pada perusahaan prospektor dan defender. Sampel penelitian terdiri atas 12 perusahaan yang dipilih secara Purposive sampling dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 perusahaan prospektor dan 6 perusahaan defender. Data dianalisis menggunakan T- Test dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan laba dan return on sales pada perusahaan prospektor dan defender. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi global yang tidak menentu, serta kenaikkan harga produksi yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Untuk mengatasi hal ini perseroan akan selalu melakukan inovasi produk perusahaan dan memberikan nilai tambah terhadap produk-produk perusahaan sehingga memiliki keunggulan dibanding pesaing. Serta efesiensi internal terus diupayakan untuk selalu menghasilkan produk yang memiliki nilai jual yang berkompetitif. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu adanya ukuran yang jelas mengenai kinerja perusahaan yang berbeda. Serta Bagi perusahaan diharapkan dapat memilih strategi yang tepat. Strategi bisnis perusahaan yang dimiliki harus sesuai dengan sumber daya yang ada di perusahaan serta kondisi lingkungan eksternal perusahaan sehingga hal tersebut dapat menunjang terjadinya kinerja perusahaan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37418

Actions (login required)

View Item View Item