Sa'adah, Kalimatus (2016) Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat pengguna layanan jasa pendidikan pada SD Islamic Global School di Kota Malang / Kalimatus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sa adah Kalimatus. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguana Layanan Jasa Pendidikan pada SD Islamic Global School di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Burhanuddin M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Strategi pemasaran jasa pendidikan minat pengguna layanan jasa pendidikan. Strategi pemasaran merupakan pendekatan manajemen yang sangat penting dalam promosi penggunaan jasa pendidikan. Perencanaan strategi yang tepat akan dapat membantu sekolah dalam memenuhi layanan jasa pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan teknologi informasi saat ini. Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan oleh suatu lembaga untuk melakukan pemasaran. Jasa pendidikan merupakan suatu produk layanan dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pengguna jasa pendidikan terutama peserta didik. Atas dasar pertimbangan tersebut peneliti bermaksud melakukan penelitian berjudulStrategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguana Layanan Jasa Pendidikan pada SD Islamic Global School di Kota Malang.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan (2) implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan (3) evaluasi pemasaran jasa pendidikan (4)kendala dan solusi pemasaran jasa pendidikan di Sekolah DasarIslamic Global School Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui studi kasus. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Analisis data dilaksanakan melalui tahap reduksi penyajian dan verifikasi data. Keabsahan data dicek untuk melihat kredibilitas melaluitriangulasi pengecekan anggota (membercheck) dan kecukupan bahan referensi Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh temuan penelitian bahwa (1) perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan pembentukan panitia diikuti dengan pembagian tugas oleh Wakil Kepala Kesiswaan dan Sarana Prasarana dengan Kepala Sekolah. (2) Implementasi pemasaran jasa pendidikan (a) strategi pemasaran melalui menjalin kerjasama dengan lembaga lain even/lomba dan gelombang inden (b) teknik pemasaran meliputi teknikbrosur pamflet banner website facebook sekolah face to face. Teknik face to face merupakan teknik yang paling efektif. (3) Evaluasi dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dan pada saat seluruh kegiatan telah berakhir dan setiap seksi melaporkan apa yang sudah dan belumdilaksanakan (c) indikator keberhasilan jumlah peserta didik memenuhi target dan input berkualitas (d) tindak lanjut evaluasi yaitu memecahkan kendala dan menentukan solusi (e) jumlah peserta didik mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. (5) Kendala pemasaran jasa pendidikan yaitu (a) jam pelajaran efektif TK terbatas untuk melakukan promosi (b) kesulitan guru membagi waktu untuk mengajar dan menyebarkan brosur (c) beberapa banner dan pamflet ada yang hilang/dicopot. Solusi dari kendala tersebut yaitu (a) membentuk dua tim promosi (b) memanfaatkan teamteaching (c) mengurangi jumlah banner dan tidak memasang pada lokasi yang pernah hilang/dicopot. Saran yang dapat diberikan berdasarkan kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah hendaknya menambah teknik pemasaran lain seperti periklanan (radio dan surat kabar) open house majalah/buletin sekolah pameran kreativitas orangtua dan peserta didik. Memperkuat relationship dan memperluas sasaran ke kecamatan lain sertamemuat prestasi yang telah diraih oleh peserta didik dalam brosur agar lebih menarik minat orangtua (2) Tenaga pendidik dan kependidikan hendaknya tetap mempertahankan hubungan yang baik antara sekolah dan orangtua/walimurid melalui komunikasi yang baik serta pelayanan prima. Selain itu dapat pula berperan aktif dalam pemasaran jasa pendidikan baik melalui face to face maupun memperkuat hubungan relationship dengan lembaga lain. (3) Ketua dan Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya menyediakan sumber pustaka yang lebih lengkap mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan serta mengkaji lebih dalam strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai tambahan bahan ajar. (4) Peneliti lain hendaknya menyempurnakan teori hasil penelitian yang telah ditemukan serta melakukan penelitian pengembangan dan penelitian tindakan ataupun eksperimen mengenai pemasaran jasa pendidikan sehingga diharapkan dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah utamanya hubungan sekolah dengan masyarakat yang telah ada dalam penelitian ini serta dapat dijadikan temuan baru untuk penelitian di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |