Hubungan kebiasaan belajar, pemanfaatan waktu belajar dan prestasi belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan 2009 Universitas Negeri Malang / Raissa Azaria Valmei - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kebiasaan belajar, pemanfaatan waktu belajar dan prestasi belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan 2009 Universitas Negeri Malang / Raissa Azaria Valmei

Valmei, Raissa Azaria (2012) Hubungan kebiasaan belajar, pemanfaatan waktu belajar dan prestasi belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan 2009 Universitas Negeri Malang / Raissa Azaria Valmei. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kebiasaan belajar Pemanfaatan waktu belajar Prestasi belajar Kebiasaan belajar adalah suatu perilaku yang ditunjukkan oleh siswa yang dilakukan secara berulang-ulang dari waktu kewaktu secara otomatis dan merupakan suatu keteraturan. Pemanfaatan waktu belajar adalah perbuatan memanfaatkan waktu yang digunakan untuk proses belajar secara efektif dilihat dari banyaknya jam belajar dan frekuensi belajar. Prestasi belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses belajar yang telah dilakukan berulang-ulang dalam bentuk nilai IPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar mahasiswa pemanfaatan waktu belajar dan prestasi belajar mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan UM angkatan 2009 serta mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar hubungan antara pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi belajar dan hubungan antara kebiasaan belajar dan pemanfaatan waktu belajaar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan UM angkatan 2009. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan Product Moment Pearson. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan 116 responden mahasiswa jurusan teknologi pendidikan UM angkatan 2009. Kesimpulan kebiasaan belajar yang dilakukan Mahasiswa TEP UM angkatan 2009 sudah baik mereka sudah memiliki kebiasaan belajar yang mandiri. Begitu pula dengan pemanfaatan waktu mereka sudah mempunyai jadwal sendiri untuk belajar dan kebanyakan pada malam hari. Masing-masing variabel yaitu kebiasaan dengan prestasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang signifikan ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan Product Moment Pearson. Semakin baik kebiasaan dan pemanfaatan waktu belajar yang dilakukan maka semakin baik pula prestasi yang dihasilkan. Saran dalam penelitian ini adalah dosen diharapkan dapat memberikan motivasi yang lebih kepada mahasiswa agar meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk belajar sehingga dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih baik lagi.Untuk mahasiswa diharapkan agar lebih berupaya dalam peningkatan prestasi belajar melalui kebiasaan belajar yang baik dan memanfaatkan waktu belajar yang dimiliki dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item