Azizah, Arrachmil (2016) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi kasus di SMAN 1 Purwosari Pasuruan) / Arrachmil Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Azizah A. 2016. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMAN 1 Purwosari Pasuruan). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata kunci Strategi kepala sekolah mutu pendidikan SMAN 1 Purwosari Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Pentingnya pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup individu melalui pendidikan individu dituntut untuk dapat menentukan arah tujuan dan makna kehidupan. Dalam lingkup pendidikan kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan sebuah sekolah. Oleh sebab itu peran kepala sekolah sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan suatu sekolah untuk mencapai tujuan dan menjadi lembaga yang berkualitas. Perkembangan dan kemajuan sekolah dapat dilihat dari kinerja kepala sekolah yang profesional serta kepala sekolah tersebut mampu memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Mutu pendidikan bersifat dinamis dan dapat ditelaah dari berbagai sudut pandang. Kesepakatan tentang konsep mutu dikembalikan pada acuan rumusan atau rujukan yang ada seperti kebijakan pendidikan proses belajar mengajar kurikulum sarana prasarana fasilitas pembelajaran dan tenaga kependidikan sesuai dengan kesepakatan pihak-pihak yang berkepentingan. Mutu pendidikan tidak saja ditentukan oleh sekolah sebagai lembaga pengajaran tetapi juga disesuaikan dengan apa yang menjadi pandangan dan harapan masyarakat yang cenderung selalu berkembang seiiring dengan kemajuan zaman fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan peningkatan mutu sekolah (2) strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan (3) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (4) solusi kepala sekolah pada kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus penelitian ini mendeskripsikan fenomena secara jelas maka peneliti sebagai media pengumpul data utama dengan cara melakukan pengamatan. Prosedur pengumpulan data adalah dengan wawancara observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyusun data agar bisa ditafsirkan dan disimpulkan dimulai dari memilih data yang tepat menemukan data yang bermanfaat dan menarik kesimpulan sesuai fokus penelitian. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut (1) perencanaan peningkatan mutu sekolah pada awal tahun ajaran baru kepala sekolah bersama dengan guru komite rapat untuk menyusun program sekolah yang mengacu pada 8 standard pendidikan visi misi serta tujuan sekolah membentuk tim serta pembuatan program kerja perencanaan alokasi waktu pelaksanaan serta anggaran untuk melakukan pembaharuan dan perbaikan sarana prasarana sekolah secara kontinyu yang bertujuan untuk memenuhi kegiatan belajar mengajar peserta didik di sekolah untuk meningkatkan prestasinya baik dari segi akademik maupun nonakademik. (2) strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan pemenuhan fasilitas sekolah melakukan penetapan standard nilai pemberian arahan kepada guru maupun peserta didik melakukan peningkatan profesionalisme guru dan karyawan melalui kegiatan pendidikan pemberian pembinaan khusus bagi peserta didik yang berprestasi (3) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan masalah pendanaan untuk menjalankan program sekolah pola pikir peserta didik yang cenderung merasa puas karena sudah diterima di sekolah sehingga tidak mau untuk ikut serta dalam meningkatkan prestasinya baik akademik maupun nonakademik pola pikir pendidik untuk meningkatkan profesionalitasnya masalah eksternal yang diperoleh dari luar sekolah yaitu perolehan nilai ujian peserta didik dari SMP rendah hal ini cenderung membuat pihak sekolah sulit untuk menetapkan standard nilai sebagai syarat test masuk sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Kepala SMAN 1 Purwosari untuk lebih memberikan kesempatan kepada guru dan karyawan untuk meningkatkan profesionalisme kinerja guru dengan aktif mengikutsertakan guru dalam kegiatan pendidikan baik yang bersifat formal maupun nonformal serta selalu melakukan perbaikan dalam menjalankan peranannya sebagai pimpinan dan pengambilan keputusan di sekolah sehingga mutu pendidikan akan tercapai dengan mudah (2) Warga Sekolah SMAN 1 Purwosari untuk lebih meningkatkan peranannya agar mampu meningkatkan partisipasinya di sekolah untuk mencapai mutu pendidikan (3) Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan untuk lebih meningkatkan peran pendidikannya yang sama-sama bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Pasuruan dengan cara sering melakukan kegiatan pendidikan yang bersifat membangun untuk diikuti oleh seluruh guru dan kepala sekolah di Kabupaten Pasuruan (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan yang berhubungan dengan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (5) Peneliti lain untuk dapat melanjutkan penelitian yang sejenis yang berhubungan dengan mutu pendidikan sehingga dapat dijadikan informasi tambahan dan bermanfaat untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |